Hati-hati Konsumsi Makanan Ini Saat Berbuka, Bisa Sebabkan Migrain

35
Sakit kepala - Ilustrasi.

PENYAKIT migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Serangan migrain seringkali terjadi secara tiba-tiba. Umumnya orang juga tidak tahu apa yang menjadi penyebab migrain.

Padahal, dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa menghindari migrain. Ternyata salah satu hal yang bisa memicu terjadinya migrain adalah konsumsi makanan tertentu.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan migrain, seperti dilansir laman Sheknows.

1. Keju berumur, acar dan makanan fermentasi

Hati-hati Konsumsi Makanan Ini Saat Berbuka, Bisa Sebabkan Migrain 1

Makanan ini mengandung kadar tinggi tyramine, biasanya terdapat dalam makanan berumur dan fermentasi.

2. Alkohol dan anggur merah

Meskipun setiap jenis alkohol bisa memicu migrain, anggur merah dan minuman keras juga merupakan penyebab paling umum karena tingkat yang tinggi tyramine.

Zat ini juga ditemukan di beberapa bir. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Pemanis buatan

Aspartam adalah pemanis buatan yang umum ditemukan dalam minuman diet dan makanan penutup rendah kalori dan dijual sebagai pengganti gula. Jika Anda rentan terhadap migrain, maka Anda sebaiknya melewatkan pemanis buatan ini.

4. Cokelat

Cokelat adalah makanan lain yang mengandung tyramine. Entah itu karena jumlah yang dikonsumsi atau bahwa banyak wanita menginginkannya saat mereka sedang stres dan perubahan hormonal, itu adalah pemicu migrain yang umum.

5. Buah citrus

Tampaknya aneh jika jeruk juga bisa memicu migrain, namun sejumlah penderita migrain melaporkan bahwa jeruk adalah pemicu migrain.

6. Makanan cepat saji

Monosodium glutamat atau MSG, sulfit dan nitrat adalah aditif makanan yang umum digunakan dalam banyak makanan cepat saji dan yang telah dikenal untuk memicu migrain. Bumbu, kaldu dan sup kalengan juga diketahui mengandung jumlah tinggi zat aditif.

7. Kacang-kacangan dan selai kacang

Meskipun sumber protein tanpa lemak, kacang-kacangan dan selai kacang bergabung dengan daftar makanan tinggi tyramine yang bisa memicu migraine.

(aiyp/sulselsatu)

Rekomendasi Berita

Baca Juga