Aksi Tembak-menembak Warnai Pengejaran Napi yabg Buron dari Nusakambangan

22

JAKARTA, SULSELSATU.com – Tim gabungan menyisir hutan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, untuk mengejar dua narapidana Lembaga Pemasyarakatan Batu yang kabur pada Sabtu pekan lalu. Saat mencari napi yang kabur tersebut, tim sempat dikejutkan dengan suara tembakan dari dalam hutan.

Menurut Kepala Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Polda Jateng, Ajun Komisaris Besar Nanang Haryono, tim sempat mengejar ke arah suara letusan sambil melepaskan tembakan. Tapi tembakan itu dibalas kembali.

“Kami dikejutkan suara tembakan saat masuk hutan. Kami coba balas tembak, mereka bereaksi membalas juga beberapa kali,” kata Nanang di Cilacap, Jawa Tengah, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (24/1/2018).

Tim yang memburu napi kabur merupakan personel gabungan dari Tim Kejahatan dan Kekerasan Polda Jateng, personel Polres Cilacap, Polres Tegal, Polres Purbalingga, petugas penjara, dan petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng.

Jumlah tim gabungan sekitar 100 orang. Menurut Nanang, tim dipecah menjadi beberapa tim kecil yang menyisir kawasan hutan Nusakambangan.

Namun sejauh ini jejak pelaku belum diketahui. Dua napi yang kabur bernama Sarjani Abdullah dan M Husein. Keduanya diperkirakan masih ada Nusakambangan.

Kecil kemungkinan keduanya bisa menyeberangi perairan Cilacap tanpa menggunakan perahu. Saat ini, petugas juga sudah memperketat penjagaan di sejumlah akses keluar masuk ke Nusakambangan, terutama Dermaga Wijaya Pura.

“Kami tempatkan Brimob bersenjata di dermaga dan beberapa akses keluar masuk lainnya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Komisaris Besar Djarod Padakova.

Sarjani dan Husein adalah napi kasus narkotik. Keduanya pertama kali diketahui kabur saat tak terlihat dalam apel pada Sabtu siang lalu. Petugas segera mencari dan memperketat penjagaan di Dermaga Wijaya Pura, akses utama menuju Nusakambangan. Namun sampai saat ini, kedunya belum bisa ditangkap.

(idraki/sulselsatu)

Rekomendasi Berita

Baca Juga