Besok, MA Akan Gelar Pemilihan Ketua

7
Mahkamah Agung. (INT)

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) akan menggelar pemilihan Ketua untuk memimpin lembaga kehakiman itu periode 2017-2022, Selasa 14 Februari 2017. Digelarnya pemilihan Ketua MA dikarenakan, Ketua MA saat ini MA Hatta Ali sudah akan berakhir.

“Akan ada pemilihan dan rapat paripurna khusus MA untuk menentukan Ketua MA selanjutnya,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, Senin 13 Februari 2017 yang dikutip dari INILAH.com.

Pemilihan dan rapat paripurna khusus ini rencananya akan dimulai pukul 09.30 WIB di Gedung Mahkamah Agung. Disebutkan Ketua MA Hatta Ali yang menjabat sejak tahun 2012, kembali masuk dalam bursa calon Ketua MA periode 2017-2022 meskipun usianya sudah memasuki 67 tahun. Dan akan diberhentikan dengan hormat melalui pensiun pada usia 70 tahun sesuai dengan Pasal 11 huruf b UU Nomor 3 Tahun 2009.

Sementara itu, kandidat calon lain disebutkan berasal dari hakim agung, namun baru akan diketahui pada hari pelaksanaan. Hal ini mengingat pada hari pemilihan, masing-masing hakim agung akan memberikan satu suara baik untuk dirinya sendiri ataupun hakim agung lain.

Besok, MA Akan Gelar Pemilihan Ketua 1

Bila satu nama sudah memperoleh setidaknya 50 persen suara, maka hakim agung tersebut berhak untuk diangkat sebagai ketua MA. Pemilihan Ketua MA ini dinyatakan sah apabila dihadiri paling sedikit dua per tiga dari jumlah hakim agung yang ada di MA, dan akan ditunda selama satu jam untuk memenuhi kuorum.

Namun bila masih belum memenuhi, maka pemilihan akan ditunda satu hari.

Besok, MA Akan Gelar Pemilihan Ketua 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga