PILKADA TAKALAR : Ini 2 Lembaga Survei Yang Dapat Izin KPU Gelar Quick Qount

66
Ilustrasi/Int

MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Takalar Hanya memberikan izin kepada dua lembaga survei untuk melakukan penghitungan cepat atau quick count pada Pilkada Takalar yang akan digelar Rabu 15 Februari 2017. Adapun Dua lembaga yang mendapatkan izin untuk menggelar Quick Count yakni Media Research Center dan Sinergi Data Indonesia.

Ketua KPU Takalar, Jusalim Sammak, menuturkan, hanya dua lembaga itu yang dianggap memenuhi persyaratan. “Dua lembaga itulah yang kita anggap memenuhi syarat administratif,” katanya kepada SULSELSATU.com.

Jusalim menambahkan, total ada 5 lembaga survei yang mendaftar. Akan tetapi, lanjutnya, ada tiga lembaga baru mendaftar menjelang pemilihan.

“Sementara batas pendaftaran 15 Janurari lalu. Jadi hanya dua yang kami SK-kan yang boleh merilis hasil Quick Count besok,” sebutnya.

Sementara, lembaga lainnya yang juga melakukan penghitungan cepat namun tidak terdaftar, tidak boleh merilis hasil tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Takalar, Alimuddin Padjarang menambahkan, pihaknya telah memberi komitmen kepada lembaga survei yang terdaftar untuk memberitahukan hasil quick count ke publik. Quick count, lanjut Alimuddin, hanyalah hasil sementara sembari menanti keputusan resmi dari KPU.

“Hasil Quick count-nya bukan keputusan resmi yang harus dijadikan rujukan kepada masyarakat. Supaya kalau ada hal yang tidak diinginkan, KPU bisa meminta untuk melakukan klarifikasi dan tentunya KPU juga punya kewenangan dan tanggung jawab karena terdaftar sah,” pungkasnya.

Ari Maryadi

PILKADA TAKALAR : Ini 2 Lembaga Survei Yang Dapat Izin KPU Gelar Quick Qount 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga