PILKADA TAKALAR : Final, Quick Count JSI HB-HN Ungguli SK-HD

127
Perolehan Suara 2 paslon di Pilkada Takalar hasil Quick Count yang dilakukan JSI di Hotel Grand Clarion Makassar, Rabu 15 Februari 2017

MAKASSAR – Perhitungan cepat atau Quick Count yang dilakukan oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI) untuk Pilkada Takalar. Dari 351Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Takalar, JSI mengambil sampel 180 TPS di Takalar.

Berdasarkan data yang masuk sudah 180 TPS atau 100 persen, memperlihatkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Buhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (HB-HN) mengungguli paslon nomor urut 2 Syamsari Kitta-Achmad Dg Se’re (SK-HD). Berdasarkan data, HB-HN dari 180 persen memperoleh 50,13 persen. Sementara paslon nomor urut 2 SK-HD hanya memperoleh 49,87 persen.

Meski paslon nomor urut 1 HB-HN mengungguli SK-HD, Supervisor Pemenangan JSI Arief Saleh mengaku meski HB-HN terlihat unggul dibandingkan SK-HD, tetapi JSI belum mampu menyimpulkan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilkada Takalar.

Pasalnya, selisih suara antara HB-HN dengan dengan SK-HD dibawah 1 persen. “Kami belum bisa menyimpulkan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilkada Takalar. Karena masih ada margin error sekitar 1 persen. Sementara selisih suara dibawah setengah persen,” ungkapnya saat menggelar rilis hasil Quick Count di Hotel Grand Clarion Makassar, Rabu 15 Februari 2017.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta kepada masyarakat Sulsel, khususnya Takalar untuk menunggu hasil resmi yang akana di rilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Takalar. “Kita tunggu hasil akhir dari perhitungan dan rekapitulasi di KPU Takalar,”tandasnya.

Sementara itu Peneliti dan Riset JSI Riswan Sawidi mengatakan hasil Quick Count Pilkada Takalar terlihat, pastisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya mencapai 83,8 persen.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Quick Count, paslon HB-HN unggul di 2 zona yang ada di Takalar. Untuk zona satu paslon HB-HN meraih suara 53,66 persen, sementara paslon SK-HD memperoleh 46,34 persen.

“Untuk zona dua HB-HN memperoleh 54,79 persen dan SK-HD memperoleh 45,03 persen. Sementara zona tiga HB-HN memperoleh 42,99 persen dan SK-HD memperoleh 57,01 persen,”paparnya.

Ari Maryadi

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Kumpulkan Kepala OPD hingga Kades, Bupati Jeneponto Minta PAD Ditingkatkan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar berharap tahun 2019...

Segini Besaran Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Parepare Tahun 2018 

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

14 Pejabat Eselon II Pemkot Makassar Hasil Lelang Jabatan Resmi Dilantik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 14 orang pejabat Eselon II...

Baca Juga