Berantas Balapan Liar, Polrestabes Makassar Amankan 117 Motor Sejak Awal 2017

90
Deretan motor yang diamankan Polrestabes Makassar saat memberantas Balapan Liar di kota Makassar selama awal 2017 ini/IST

MAKASSAR – Kepolisian Resort Kota Besar Makassar (Polrestabes Makassar) terus berupaya memberantas balapan liar yang kerap terjadi di Kota Daeng. Sejak memasuki tahun 2017, tim Speed Hunter Polrestabes Makassar telah mengamankan sebanyak 117 unit sepada motor balap.

Wakapolrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait menuturkan, penangkapan ini dilakukan dengan cara baru. Pihaknya menyamar dengan berpakaian layaknya bikers yang mebuat banyak pembalap yang tertipu.

“Ini terobosan dari Polrestabes Makassar yang dinamai Tim Saber Balap Liar Satlantas polrestabes Makassar,” ungkap pria berdarah Batak ini kepada SULSELSATU.com, Minggu 19 Februari 2017.

Alumnus Akademi Kepolisian tahun 1993 ini menambahkan, awalnya upaya yang dilakukan yaitu melakukan pengejaran terhadap pelaku balap liar. Namun, lanjut Hotman, penyebaran personil kepolisian yang berpakaian layaknya pebalap rupanya ampuh mengelabui pelaku balap liar.

Berantas Balapan Liar, Polrestabes Makassar Amankan 117 Motor Sejak Awal 2017 1

“Keberhasilan ini merupakan wujud nyata kerja sama masyarakat dengan pihak kepolisian baik secara terbuka maupun secara tertutup,” sambung ayah tiga anak ini.

Untuk itu, mantan Kapolres Maros ini berharap semua pihak ikut berkontribusi mencegah dan memberantas balapan liar di Makassar kedepan. “Orang tua misalnya, dapat melakukan pengawasan terhadap anaknya, memberikan pesan mengenai cara berkendara motor yang baik.”

“Begitupun dengan Pemerintah Provinsi. Saya kira Makassar sebagai ibukota sudah selayaknya memiliki sirkuit balap. Agar para pemuda dapat menyalurkan bakat secara tepat, sehingga jalan raya tidak dijadikan ruang ajang balapan liar,” pungkasnya.

Ari Maryadi

Berantas Balapan Liar, Polrestabes Makassar Amankan 117 Motor Sejak Awal 2017 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga