Hingga Februari, Pendapatan Pajak Bapenda Makassar Masih Minim

72
Kepala Bapenda Makassar Irwan R Adnan bersama Ketua Komisi B Bidang Keuangan DPRD Makassar Amar Busthanul saat sosialisasi optimalisasi pajak di halaman kantor Bapenda Makassar jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis 23 Februari 2017/SULSELSATU.com

MAKASSAR – Awal tahun 2017, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar langsung menggenjot penerimaan pajak. Pasalnya, Bapenda Makassar diberikan target bisa mendapatkan Rp 1,63 triliun dari beberapa sektor.

Kepala Bapenda Makassar Irwan R Adnan memaparkan hingga Februari 2017, Bapenda Makassar baru mencatatkan perolehan pajak sekira Rp80-100 miliar.

“Pendapatan saat ini masih minim. Baru sekitar Rp 80 hingga Rp 100 miliar. Itu pendapatan dari pajak restoran dan hotel serta BPHTB,” ungkapnya kepada SULSELSATU.com usai acara sosialisasi optimalisasi pajak wujudkan Makassar kota dunia di halaman kantor Bapenda Makassar, Kamis 23 Februari 2017.

Mantan Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Makassar ini, dengan target yang cukup tinggi tersebut, membuat instansinya harus bisa mendapatkan Rp 500 miliar setiap harinya.

“Target kita tahun ini lumayan besar, yakni sebesar Rp1,63 triliun untuk pajak daerah dan Rp 1,3 untuk pendapatan,” paparnya.

Meski diakui target yang diberikan kepada Bapenda Makassar cukup tinggi, tetapi pihaknya tetap optimis mampu meraihnya dengan cara terus menambah daftar Wajib Pajak (WP). Apalagi potensi pajak di kota Makassar cukup besar.

“Dalam sehari kami bisa mendapatkan WP baru saat pendataan,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Komisi B Bidang Keuangan DPRD Makassar Amar Busthanul meminta kepada Bapenda Makassar untuk terus mengoptimalisasikan penerimanaan pajak agar pembangun di kota Makassar bisa dua kali tambah baik sesuai dengan keinginan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

“Kita belum punya data soal penerimaan pajak dan pendapatan yang dicatat oleh Bapenda Makassar sebagai mitra kerja Komisi B. Awal April nanti baru kita akan evaluasi tentang pajak dan pendapatan,” pungkasnya.

Ari Maryadi

Rekomendasi Berita

Baca Juga