Ngeri!!! Korsel Sebut Korut Punya Cadangan Senjata Kimia 5 Ton

19
Saudara tiri Presiden Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam/Int

BUKAN hanya senjata nuklir yang menjadi momok menakutkan, tapi perkembangan senjata kimia kini juga menjadi perhatian serius dunia.

Kepolisian Malaysia baru-baru ini mengungkap jika Kim Jong Nam tewas karena racun VX Nerve. Kabarnya zat kimia tersebut termasuk salah satu dalam daftar senjata pembunuh masal.

Pihak Korea Selatan sendiri baru-baru ini mengatakan jika Korea Utara memang memiliki cadangan senjata kimia. Dalam Buku Putih Pertahanan tahun 2014, Kementerian Pertahanan Korsel disebutkan jika Korut memproduksi senjata kimia sejak 1980 dan menyimpan persediaan sekitar 2500-5000 ton.

Tidak hanya itu, dalam dokumen edisi 2012 disebutkan jika Korut setidaknya memiliki delapan lokasi produksi senjata kimia. Antara lain ada di pelabuhan Chongjin dan di kota Sinuiju.

Ngeri!!! Korsel Sebut Korut Punya Cadangan Senjata Kimia 5 Ton 1

Analis pertahanan dari Jaringan Pertahanan Korea, Lee Il-Woo meyakini jika Korut mempunyai cadangan VX Nerve cukup banyak. Pasalnya zat mematikan itu bisa diproduksi dengan mudah di laboratorium kecil dan dengan harga yang murah.

Selain VX. Korut disebut-sebut juga memproduksi 16 jenis racun dan zat mematikan lainnya. Termasuk sarin, antraks hingga pes.

Sementara itu hingga saat ini kepolisian Malaysia masih mengembangkan penyelidikan atas kematian kakak tiri Kim Jong Un itu. Mereka juga berusaha menelusuri dari mana asal VX Nerve tersebut.

(sulselsatu)

Rekomendasi Berita

Baca Juga