Ini Tata Cara Pemilihan Ketua RT/RW

282
Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Iskandar Lewa/INT

MAKASSAR – Minggu, 26 Februari 2017 akan menjadi sejarah bagi kota Makassar. Alasannya, untuk pertama kali Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dibawah kepemimpinan Danny Pomanto-Syamsu Rizal menggelar pemilihan Ketua RT/RW secara serentak.

Pemilihan Ketua RT/RW tak ubahnya dengan Pilkada atau pun pemilu yang dimana masyarakat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemkot Makassar, mencatat setidaknya ada 998 TPS yang tersebar di 15 Kecamatan di Makassar.

Meski tata cara pemilihan tidak jauh berbeda dengan Pilkada dan Pemilu, tetapi masyarakat tetap perlu memperhatikan dalam tata cara pemilihan Ketua RT/RW. Pasalnya, meski sudah ada aturan, tetapi masing-masing Kelurahan diberikan keleluasaan untuk menentukan konsep di TPS.

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Iskandar Lewa mengaku pada umumnya pemilihan RT/RW tidak berbeda dengan Pilkada ataupun pemilu. Hanya saja, kata dia, tata cara kampanye calon Ketua RT/RW yang berbeda dengan kampanye Pilkada ataupun Pemilu.

Ini Tata Cara Pemilihan Ketua RT/RW 1

Iskandar memaparkan saat hari pemilihan nanti, TPS akan dibuka mulai pukul 08.00-14.00 Wita. Nantinya masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa surat undangan ke TPS masing-masing.

Jika pada Pilkada ataupun pemilu TPS biasanya di jaga oleh Polisi dan TNI serta pengawas pemilu, di pemilihan Ketua RT/RW ini dijaga oleh anggota Satpol PP.

“Nanti di TPS usai masyarakat menggunakan hak pilihnya, masyarakat akan diberikan tanda sudah memilih. Pemberian tanda bagi yang sudah memilih tergantung panitia masing-masing, tergantung kreativitasnya dan kemampuan panitia,” pungkasnya.

Ini Tata Cara Pemilihan Ketua RT/RW 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga