Legislator Sulsel Nilai Pemilihan RT/RW Harusnya Musyawarah Mufakat, Ini Alasannya

212
Surat undangan memilih Ketua RT/RW untuk Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel Selle KS Dalle/IST

MAKASSAR – Sehari menjelang pemilihan Ketua RT/RW serentak di Kota Makassar, sejumlah petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai bersiap dan menyebarkan undangan untuk menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi tingkat RT/RW.

Hanya saja, apa yang menjadi gagasan Wali Kota Makassar Danny Pomanto tentang pemilihan RT/RW yang mendapatkan kritikan dari sejumlah pihak, salah satunya Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat Sulsel Selle KS Dalle.

Selle yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulsel ini mengaku dirinya sudah mendapatkan undangan untuk menggunakan hak pilihnya, meski di lingkungannya hanya ada satu calon Ketua RT dan RW alias calon tunggal.

“Selesai pemilihan. Semuanya selesai secara adat, musyawarah mufakat. RT dan RW calon tunggal,”ungkapnya, Sabtu 25 Februari 2017.

Ia menilai seharusnya pemilihan Ketua RT/RW dilakukan secara Musyawarah Mufakat.

“Musyawarah mufakat yang paling sesuai dengan akar nilai-nilai yang ada di masyarakat, apalagi dlm lingkup RT/RW. Dari kata dasarnya saja ‘rukun’ sehingga harus menjadi sumber kerukunan lingkungan tempat tinggal sekitar. Dan itu bukan tanggung jawab personal akan tetapi tanggung jawab bersama,” paparnya.

Akbar

Rekomendasi Berita

Baca Juga