HUT KE-25, Taman Nasional Ujung Kulon Dijadikan Google Doodle

64
Taman Nasional Ujung Kulon yang dijdikan Google Doodle

JAKARTA – Taman Nasional Ujung Kulon mendapatkan kesempatan untuk tampil di Google melalui sebua Doodle spesial dalam mesin pencarian milik. Didaulatnya Taman Nasional Ujung Kulon menjadi Google Doodle dikarenakan Taman Nasional tersebut memperingati HUT ke-25.

Jika Anda mengakses Google pada hari ini, Minggu 26 Februari 2017, maka Anda akan langsung menemukan sebuah Google Doodle yang menampilkan seekor induk badak bercula satu beserta anaknya tengah berenang di rawa-rawa.

Badak bercula satu merupakan hewan khas dari Taman Nasional Ujung Kulon dan termasuk satwa yang dilindungi. Tak hanya itu, beberapa hewan lain pun tak ketinggalan ikut hadir dengan sketsa yang menarik.

Kawasan Ujung Kulon diresmikan sebagai Taman Nasional pada tanggal 26 Februari 1992 oleh Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 284/Kpts-II/1992.

Memiliki luas total 122.956 hektar (78.619 hektar daratan dan 44.337 hektar wilayah perairan), Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah ditetapkan sebelumnya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas.

Pada awalnya, Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan tersebut kembali menjadi hutan. Hingga saat ini, kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak bercula satu hidup di habitat ini.

Rekomendasi Berita

Baca Juga