Prihatin Banyak Lahan tak Produktif, Gempita Gelar Parade Tanam.

319
Koordinator Gempita Bulukumba, Akbar (kiri) saat berkoodinasi dengan gempita Sulsel terkait Kegiatan Parade Tanam, Minggu 26 Februari 2017.

MAKASSAR – Banyaknya lahan tidur dan tidak Produktif di Kabupaten Bulukumba, membuat Gerakan Pemuda Tani (Gempita) merasa prihatin. Pasalnya, Bulukumba merupakan salah satu kabupaten dengan komoditi pertanian yang cukup komplit

Untuk itu, dalam waktu dekat Gempita wilayah Sulsel bekerjasama dengan Gempita Bulukumba, akan menggelar Parade Tanam di beberapa Kecamatan di kabupaten yang terkenal dengan sebutan Butta Panrita Lopi itu.

“Bulukumba salah satu sasaran Gempita Sulsel untuk kegiatan Parade tanam, guna optimalisasi lahan tidak produktif,” Kata Koordinator Gempita Wilayah Sulsel, Asrul Herman, Minggu 27 Februari 2017.

Selain itu, lanjut Herman, kedepannya Gempita juga akan melakukan pendampingan terhadap petani guna meningkatkan produksi jagung sebagai komoditi unggulan dan membuka akses pasar.

“Selain jagung, Gempita Bulukumba juga akan melaksanakan program optimalisasi lahan pekerangan rumah dengan tanaman cabe di seluruh wilayah kabupaten Bulukumba,” terangnya

Senada, Koordinator Gempita Bulukumba, Akbar Bontomangiring mengatakan, Program Optimalisasi lahan pekarangan Rumah dapat menekan angka pengeluaran ibu rumah tangga.

“Selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, cabe juga dapat dijual dengan cara berkelompok. Untuk memudahkan pemasaran nanti akan bekerjasama dengan badan usaha milik Desa (BUMDES),” ungkap Akbar.

Ia percaya, berawal dari program Pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan tanaman cabe, dampak ekonominya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Akbar menambahkan, kedepannya pemanfaatan lahan tidur dan tidak produktif tidak hanya untuk lahan pertanian melainkan kuga untuk lahan peternakan.

“Peternakan sapi juga bisa dilakukan, memanfaatkan kotoran sapi untuk pembuatan pupuk kompos sehingga petani tidak lagi membeli Pupuk,” ucapnya.

Akbar

Prihatin Banyak Lahan tak Produktif, Gempita Gelar Parade Tanam. 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga