Jan Maringka Akan Kembali Lantik 4 Kajari Baru Kerjasama Dengan Pemda

138
Kepala Kejari Makassar Dicky Rachmat Rahardjo mendapatkan ucapan selamat dari Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat acara pelantikan dan serah terimah jabatan di Tujab Wali Kota Makassar, Rabu 1/3/2017/Ihwan Fajar

MAKASSAR – Pelantikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar Dicky Rahmat Rahardjo di Baruga Angin Mammiri Rujab Wali Kota Makassar oleh Kepala Kejati Sulselbar Jan S Maringka  menuai sorotan dan kecaman dari lembaga penggiat anti korupsi di Sulsel, khususnya di Makassar.

Meski mendapatkan sorotan dan kritikan, Kejati Sulselbar pun tak ambil pusing dan mengacuhkan. Bahkan Kejati Sulselbar akan melantik pejabat Kepala Kejari di 4 Kabupaten/Kota di Sulsel bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Selanjutnya akan melantik Bantaeng, Maros, Gowa, dan Palopo,”ujarnya kepada sejumlah awak media yang menemuinya usai pelantikan dan serah terima jabatan Kajari Makassar dari Dedy Suwardi Surachman ke Dicky Rahmat Rahardjo.

Jan Maringka Akan Kembali Lantik 4 Kajari Baru Kerjasama Dengan Pemda 1
Kepala Kejari Makassar Dicky Rachmat Rahardjo mendapatkan ucapan selamat dari Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat acara pelantikan dan serah terimah jabatan di Tujab Wali Kota Makassar, Rabu 1/3/2017/Ihwan Fajar

Jan Maringka berdalih bahwa pelantikan yang digelar bekerjasama dengan Pemda untuk merubah paradigma yang selama ini Kejaksaan dianggap sebagai momok bagi Pemda dalam penegakkan anti korupsi.

Jan Maringka Akan Kembali Lantik 4 Kajari Baru Kerjasama Dengan Pemda 2

“Tidak ada lagi istilah Kejaksaan berhadap-hadapan dengan pemerintah. Kejaksaan bukan lagi dibelakang, tetapi bagaimana mengawal program-program pemda bisa tepat waktu dan tepat sasaran,” paparnya.

Menurutnya, pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan bisa menghemat keuangan negara dan tidak akan menggangu independensi Kejaksaan dalam penegakkan supremasi hukum.

” Penegakkan hukum akan kita kawal. Jangan khawatir. Indepensi akan tetap berjalan. Pak Kajari yang baru juga pasti mampu dan tidak akan ada tunggakan kasus. Kalau ada kasus, segera dilaporkan,” sebutnya.

Jan Maringka Akan Kembali Lantik 4 Kajari Baru Kerjasama Dengan Pemda 3

Rekomendasi Berita

Baca Juga