Usung Smart Parking, Pemkot Makassar Akan Latih Juru Parkir

15
Irianto Ahmad
Dirut PD Parkir Makassar Raya Irianto Ahmad saat acara Musrembang RKPD Pemkot Makassar di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (6/3/2017)/Ari Maryadi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya akan memberikan pelatihan bagi juru parkir agar dapat menjalankan program ‘Smart Parking’. Hal ini bertujuan agar para tukang parkir lebih cerdas dalam mengelola lahan parkir yang ada di Makassar.

Pemkot Makassar berencana menguji ‘Smart Parking’ di 10 titik beberapa waktu ke depan. Saat ini, program tersebut baru dicontohkan di salah lahan bisnis, di Jalan Topaz.

“Pendidikan itu baru sifatnya perorangan. Tapi nanti kita akan adakan pendidikan serentak soal itu,” kata Direktur Utama PD Parkir Makassar, Irianto Ahmad.

Ia menyebut saat ini telah ada sekitar 1.700 juru parkir yang terdata saat ini di Makassar. “(Tukang parkir) itu termasuk juru parkir bantu,” beber Irianto Senin 6 Maret 2016.

“Kalau sudah diuji coba 10 titik, yang nanti akan mengelola itu pengawas-pengawas kita yang akan melayani, lalu dibantu dengan tukar parkir bantu untuk menata kendaraan. Kemudian jukir utamanya akan kita didik. Begitu dia mahir, baru akan kita turunkan (beroperasi), tapi tetap akan didampingi oleh pengawas,” sambungnya.

Dengan begitu, Irianto yakin, keberadaan sistem ‘Smart Parking’ akan mengedukasi para juru parkir, untuk tidak membiasakan ‘meminta’ duit parkir pengguna semata. Namun lebih kepada bagaimana para jukir mampu menggunakan, perangkat-perangkat ‘Smart Parking’ yang mutakhir. “Seperti ji itu hape, gampang saja alatnya,” pungkasnya.

Ari Maryadi

Rekomendasi Berita

Baca Juga