None : Kepala UPT Sudah Pegang Nama-Nama Kepsek

92
Kepala Disdik Irman Yasin Limpo saat berdialog dengan sejumlah guru dan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) terkait peralihan kewenangan dari Kabupaten/Kota ke tingkat Provinsi/IST

SULSELSATU.com, BARRU – Pasca perarilahan kewenganan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ke Provinsi dalam pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) membuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) Irman Yasin Limpo melakukan Roadshow ke sejumlah Kabupaten/Kota untuk memberikan arahan dan berdialog dengan guru.

None sapaan akrab Irman Yasin Limpo banyak menjelaskan mengenai ihwal kebijakan pembentukan UPT dinas pendidikan di daerah. Dengan sedikit berguyon None mengaku tidak gembira tapi juga gembira dengan pemindahan kewenangan tersebut.

“Saya yakin pemerintah kabupaten/kota juga tidak ikhlas-ikhlas banget melepas kewenangannya ke kami. Kami tapi juga begitu,” kata None yang langsung mengundang tawa para guru dan kasek.

Adik kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ini memperkenalkan pula para pimpinan UPT Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Barru. Hingga ke bagian ini, kembali dengan gaya khasnya yang kerap mengundang tawa, None menggambarkan pimpinan UPT sebagai ‘raja’ kecil karena kewenangan yang mereka miliki.

None : Kepala UPT Sudah Pegang Nama-Nama Kepsek 1

“Tapi jangan meki kasihani. Seperti saja mereka pengemis. Jangan salah bapak-bapak, mereka itu punya kuasa. Mutasi-mutasi guru, penentuan kepala sekolah dan penggantiannya itu sudah di tangan kepala UPT,” katanya disusul senyum paea hadirin.

Ia juga kembali menegaskan mengenai keberadaan guru honorer. Menurut None tidak akan ada lagi penerimaan atau pengangkatan guru honorer. Soal kekurangan guru, pihaknya mengaku sudah memiliki data valid sehingga ke depan pihaknya tinggal mendistribusi guru dari wilayah yang kelebihan guru ke wilayah yang kekurangan.

Sempat pula disinggung mengenai kisruh Disdik Sulsel dengan Kemendikbud. Ia menjelaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak punya niatan untuk merugikan siapa pun.
“Semuanya demi memenuhi rasa keadilan bagi sekolah-sekolah di Sulsel. Sebab dari kunjungan saya ke sekolah-sekolah memang banyak kerancuan. Ada sekolah berlebih bantuannya tetapi ada pula yg sangat kekurangan,” ungkapnya.

Kunjungan None ke daerah-daerah dimaksudkan untuk memantau langsung persiapan pelaksanaan UNBK SMA/SMK sekaligus untuk memetakan kondisi umum sekolah sekolah di Sulsel. Dengan kunjungan itu None yakin bakal mendapatkan gambaran lebih baik sebelum menentukan kebijakan untuk tiap-tiap sekolah.

None : Kepala UPT Sudah Pegang Nama-Nama Kepsek 2
None : Kepala UPT Sudah Pegang Nama-Nama Kepsek 3

Rekomendasi Berita

Baca Juga