Kakak Angkat Ahok Ditolak Jadi Saksi Sidang Penistaan Agama, Ada Apa?

4
Kakak angkat Gubernur Ahok, Analta Amier/IST

SULSELSATU.com, JAKARTA – Sidang kasus penistaan agama yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) kembali digelar. Kali ini agenda sidang masih mendengarkan keterangan saksi-saksi dari pihak terdakwa.

Hanya saja, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara menolak kakak angkat terdakwa Ahok, Analta Amier memberikan keterangan sebagai saksi dalam persidangan ke-13 kasus dugaan penistaan agama yang berlangsung di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).

Kakak Angkat Ahok Ditolak Jadi Saksi Sidang Penistaan Agama, Ada Apa? 1
Suasana persidangan kasus penistanaan agama yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok/INILAHCOM

Penolakan hakim bukan dilakukan tanpa alasan. Analta Amier diketahui pernah menghadiri persidangan pembuktian sebelumnya. Tercatat dirinya tiga kali memberikan keterangan saksi.

“Menurut Majelis karena saksi ini sudah mendegarkan keterangan saksi lain, saksi ini tidak dapat diperiksa,” kata Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi di dalam persidangan yang dikutip dari INILAHCOM, Selasa (7/3/2017).

Dalam sidang Ahok ini, hakim pun tak mengizinkan saksi yang akan memberikan keterangan ikut menghadiri keterangan saksi lain. Sebelum diambil sumpah, Jaksa juga mengajukan penolakan. Jaksa menilai saksi tidak boleh mempunyai hubungan dengan terdakwa.

“Bisa pelanggaran undang-undang karena ada hubungan (dengan terdakwa),” kata Jaksa Ali Mukartono saat persidangan hari ini.

Sidang pun masuk pada saksi ketiga, yaitu Bambang Waluyo. Bambang diketahui tidak ada dalam daftar BAP. Sempat ditolak oleh Jaksa, namun hakim tetap mengizinkan Bambang bersaksi.

Rekomendasi Berita

Baca Juga