4 Daerah Ini Pikat Raja Salman Investasi Sektor Pariwisata

6
Presiden RI Jokowi bersama Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz.

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kunjungan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud di Indonesia, khususnya Bali mengundang ketertarikkan Arab Saudi untuk berinvestasi di sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz tertarik akan kekayaan dan keindahan alam Indonesia. Setelah Saudi Aramco dan Pertamina sepakat menggarap kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah, Arief mengatakan, Raja Salman juga tertarik berinvestasi di bidang pariwisata.

Meski belum dinyatakan secara resmi, tetapi pihak Kerajaan Arab Saudi sudah melakukan kunjungan ke beberapa lokasi pariwisata yang potensial.

“Untuk pariwisata (baru) secara informal, sudah ada yang berkunjung ke Tanjung Lesung, Banten. Kemarin ada pertemuan bisnis dengan rekan-rekan Mandalika, Lombok. Terus kita ajukan proposal untuk Sumatera Barat,” tutur Arief seperti yang di kutip INILAHCOM di Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Arief mengaku, Raja Salman sangat tertarik berinvestasi di Sumatera Barat. “Mereka tertarik di Mandei, Kabupaten Pesisir Barat, julukannya itu Raja Ampat Sumatera,” kata Arief.

Tidak tanggung-tanggung, nilai kerja sama yang diharapkan di empat tempat tersebut tahun ini nilainya mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 10 triliun.

“Empat tempat itu adalah Mandalika, Sumatera Barat, Belitung dan Tanjung Lesung, kemungkinan Mandalika dan Tanjung Lesung didahulukan karena sudah kawasan ekonmi khusus,” tuturnya.

Namun begitu, Arief mengatakan, kerja sama ini harus melalui persetujuan dari keluarga Kerajaan Saudi dengan model business to businees (B to B).

“Harus ada approach dulu ke keluarga kerajaan, lalu B to B. Antara pemerintah RI dengan pemerintah sana. Kemarin ke Tanjung Lesung sudah B to B. Mandalika juga B to B. Mereka akan bangun resort hotel. Mereka mau bangun seperti Nusa Dua Bali, kalau mudah dibayangkan,” katanya.

Rekomendasi Berita

Baca Juga