Wikileaks Bocorkan Ribuan Dokumen Rahasia CIA

5
Ilustrasi CIA/INT

SULSELSATU.com, WASHINGTON – Ribuan dokumen penting milik Badan Intelejen Pusat Amerika Serikat (AS), CIA yang berisi program-program komputer untuk melakukan aksi mata-mata dan penyadapan berhasil dibongkar Wikileaks.

NPR News mengabarkan, ribuan dokumen itu diluncurkan di situs Wikileaks, Selasa (7/3/2017). Di antara dokumen yang dibocorkan itu termasuk panduan dan instruksi penyadapan, catatan dan percakapan, serta upaya untuk mengeksploitasi telepon pintar, dan menyadap rekaman lewat pesawat televisi.

Sejumlah peralatan itu digunakan CIA untuk menyadap orang-orang yang dijadikan target. Sekaligus merupakan mandat bagi CIA untuk menghimpun data dari intelijen asing.
Michael Hayden, bekas direktur CIA menjelaskan bila dokumen yang dibocorkan Wikileaks itu akurat dan benar.

“Maka upaya Wikileaks ini sangat menghancurkan reputasi komunitas intelijen AS,” katanya.

Sementara itu, juru bicara CIA tak bersedia berkomentar tentang kasus ini. “Kami tidak bisa memberi komentar apakah dokumen itu otentik atau mengandung bahan-bahan intelijen,” katanya.

Wikileaks menjelaskan, ribuan dokumen itu berasal dari sistem komputer yang digunakan tim kolaborasi CIA. Di antaranya berisi instruksi menggunakan program dan panduan untuk meminimalisasi keterlibatan CIA agar tidak terdeteksi. Juga ada sejumlah metode CIA untuk menyadap telepon pintar dan mengubah peranan televisi menjadi alat penyadap. Salah satu program yang digunakan TV Samsung, ternyata dipakai CIA untuk menyadap pembicaraan, dengan cara alih fungsi menjadi microphone saat pesawat televisi terlihat dimatikan.

Dalam bocorannya itu, Wikileaks juga membongkar teknik yang digunakan CIA untuk menyadap telepon pintar milik seseorang yang dijadikan target. “Dengan taktik itu CIA dapat membaca komunikasi yang telah diacak,” tulis Wikileaks.

Rekomendasi Berita

Baca Juga