Dua Tersangka Korupsi e-KTP Janji Akan Terbuka

3
Korupsi e-KTP, e-KTP, KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo, Febri Diansyah, LPKP, Nazaruddin, PN Jakarta Pusat, Jakarta
Ilustrasi. (Foto: Inilah.com)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menyidangkan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kamis (9/3/2017).

Agenda sidang perdana ini nantinya Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan membacakan dakwaan terhadap dua terdakwa yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Irman, dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Sugiharto.

Kuasa hukum Sugiharto dan Irman, Susilo Ari Wibowo, berharap persidangan kasus dugaan korupsi yang disinyalir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu berjalan lancar.

“Dan kedua tersangka dapat mengungkap fakta secara terbuka dan apa adanya,” ujar Susilo yang dikutip dari INILAHCOM.

Susilo memastikan, kedua kliennya itu tak akan menutupi fakta kasus korupsi proyek yang menghabisi anggaran mencapai Rp5,9 triliun. Kesaksian keduanya akan menjadi bahan pertimbangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengabulkan permohonan Justice Collaborator (JC).

“Sehingga status JC yang diinginkan kedua tersangka disetujui KPK dan pengadilan Tipikor,” tukasnya.

Dalam penyidikan kasus ini, sejumlah nama besar ikut terseret. Mulai dari anggota DPR, Kemendagri dan sejumlah pengusaha.

Rekomendasi Berita

Baca Juga