Akan Bentuk Ranperda Keperawatan, DPRD Makassar Tunggu PP

7

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasca disahkannya Undang-Undang (UU) nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan, hingga saat ini pemerintah belum juga mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Keperawatan. Akibatnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar hingga saat ini menunda untuk membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Standar Pelayanan Keperawatan dan Perlindungan Tenaga Perawat.

Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Makassar Mudzakkir Ali Djamil menjelaskan setelah adanya UU nomor 38 tahun 2014, menjadi tanggungjawab DPRD Makassar untuk membuat Ranperda Pelindungan Tenaga Perawatan dan Standar Pelayanan Keperawatan.

“Kita tinggal tunggu PP. Diharapkan dengan adnaya Ranperda perlindungan tenaga perawat dan standar pelayanan Keperawatan bisa memberikan kepastian hukum bagi tenaga perawat dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya saat acara Kemitraan DPRD Makassar dengan masyarakat di Kampus Akper Yapma, jalan Maccini Raya Makassar, Kamis (9/3/2017).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Makassar ini, diharapkan bisa mendorong perbaikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit (RS).

Akan Bentuk Ranperda Keperawatan, DPRD Makassar Tunggu PP 1

“Dalam ranperda ini nantinya ada dua karakter yang kita dorong. Pertama perawat harus Sombere dalam pelayanan, dan yang kedua perawat harus Smart seperti kompetensi yang dimiliki ada dengan adanya sertifikasi,” sebutnya.

“Kita berharap perawat yang bekerja bisa mempunyai karakter seperti itu. Itu bisa memberikan keuntungan kepada masyarakat agar mendapatakan pelayanan kesehatan yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar dr Tasmin menjelaskan saat ini Indonesia sudah memiliki aturan tentang keperawatan yang termaktub pada UU nomor 38 tahun 2014. Hanya saja, lanjut dia, diharapkan pelayanan kesehatan di Puskemas dan RS bisa memenuhi standar.

Asrul

Akan Bentuk Ranperda Keperawatan, DPRD Makassar Tunggu PP 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga