I⁠⁠⁠ni Jumlah Pengaduan Masyarakat ke OJK Selama 2016

20
Kepala OJK Sulampua Bambang Kiswono saat pemaparan kinerja di Kampoeng Popsa Makassar/Asrul SULSELSATU.com

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) menerima pengaduan konsumen dari berbagai sektor perekonomian di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dari data yang dipaparkan oleh Kepala OJK Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua, Bambang Kiswono selama tahun 2016, laporan yang diterima sebanyak 708 aduan.

“Selain melakukan pengawasan dibidang keuangan, OJK juga membuka layanan pengaduan kepada masyarakat, sehingga dari laporan yang kami terima dari masyarakat itu terus meningkat, tahun 2016 saja ada sekitar 708 aduan,” kata Bambang Kiswono di Makassar, Jumat (10/3/2017).

I⁠⁠⁠ni Jumlah Pengaduan Masyarakat ke OJK Selama 2016 1
Kepala OJK Sulampua Bambang Kiswono saat pemaparan kinerja di Kampoeng Popsa Makassar/Asrul SULSELSATU.com

Bambang merincikan bahwa pengaduan terbanyak itu ada di sektor perbankan yakni 58 persen atau 363 aduan. Lalu dibidang pembiayaan mencapai 112 aduan atau persentase 19 persen Diikuti peringkat ketiga dan empat masing-masing bidang asuransi 92 aduan dan pasar modal 9 aduan.

“Dari 708 aduan itu, 96 persen statusnya selesai, 3 persen telah diteruskan ke OJK Pusat dan 1 persen masih dalam tahap identifikasi,” jelas Bambang Kiswono.

Untuk diketahui, pada Januari 2017 ini sudah masuk lagi pengaduan sebanyak 51 aduan.

Asrul

Rekomendasi Berita

Baca Juga