Didepan Mahasiswa PPs UNM, Walikota Danny Sebut Ada Degradasi Budaya

17
Walikota Makassar Danny Pomanto bersama Rektor UNM Prof Husain Syam usai membawakan kuliah umum di PPs UNM, Jumat (10/3/2017)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto memberikan Kuliah Umum di Program Pascasarjana Univeristas Negeri Makassar (UNM), Jalan Lanto Dg. Pasewang, Jumat (10/3/2017).

Dalam penyampaian materinya, Danny mengajak mahasiswa program magister dan doktoral untuk menguatkan budaya lokal. Makassar dinilai memiliki keragaman budaya dan kultur yang mesti dilestarikan sebagai warisan leluhur.

Didepan Mahasiswa PPs UNM, Walikota Danny Sebut Ada Degradasi Budaya 1
Walikota Makassar Danny Pomanto saat membawakan materi di kampus UNM Program Pasca Sarjana (PPs), Jumat (10/3/2017)/ Ari Masryadi SULSELSAT

Pria yang pernah berprosesi sebagai dosen itu melanjutkan, budaya lokal Makassar saat ini mulai terancam semenjak masuknya kekuatan asing ke Indonesia. Untuk itu, mahasiswa sebagai pegiat pendidikan mesti ikut terlibat dan turun tangan.

“Ada degradasi budaya di kalangan anak sekolak kita. Nama-nama pejuang, Lasinrang, La Galigo, Haji Bau, Karunrung dikenal hanya sebagai seorang penjual jalangkote, pakbentor,” ucapnya.

Didepan Mahasiswa PPs UNM, Walikota Danny Sebut Ada Degradasi Budaya 2

Padahal, lanjut Danny, tokoh-tokoh itu merupakan pelaku sejarah Makassar yang patut diapresasi. Menurutnya, anak sekolah mengidolakan tokoh-tokoh asing dan mengikuti pola hidup dan gaya hidupnya. “Itulah fenomena anak-anak kita saat itu.”

“Mari sama-sama kita lestarikan warisan nilai-nilai sejarah Makassar,” imbau Danny kepada peserta kuliah umum.

Ari Maryadi

Didepan Mahasiswa PPs UNM, Walikota Danny Sebut Ada Degradasi Budaya 3

Rekomendasi Berita

Baca Juga