e-Tilang Diterapkan, Sidang Pelanggar Lalu Lintas Ditiadakan

31
Anggota TNI Bambang saat merasakan sistem e-Tilang di kantor Kejari Makassar, Jumat (10/3/2017)/Munawir SULSELSATU.com

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar pada hari ini Jumat(10/3/2017) kembali menggelar sosialisasi elektronik Tilang atau e-Tilang di halaman kantor kejaksaan. Sosialisasi Sistem E-Tilang sendiri sudah dilakukan sejak 2 minggu yang lalu.

Dengan adanya sistem e-Tilang tersebut membuat sidang tilang yang dilakukan setiap Jumat ditiadakan. Sistem e-Tilang juga dinilai lebih mempermudah masyarakat dalam hal pengurusan dan pembayaran denda tilang kendaraan mereka. Pembayaran hanya dilakukan dengan sistem online, sangat berbeda dengan sistem terdahulu.

Anggota TNI, Bambang menyebutkan sistem ini mempermudah warga dan dinilai lebih efisien. “Saya pikir sudah bagus sistem e-Tilang begini. Lebih efektif, bisa langsung bayar denda dan cepat pelayanannya,”ujarnya kepada SULSELSATU.com di kantor Kejari Makassar, Jumat (10/3/2017).

Bambang melanjutkan, sistem e-Tilang ini juga memperkecil terjadinya pungli . “Kalau langsung membayar ini, potensi untuk pungli minimlah,” sebutnya.

Sementara itu, Staff Kejari Makassar Andi Arly mengatakan bahwa secara teknis, sistem e-Tilang tidak lagi dilakukan sidang tapi cukup di lakukan pembayaran di Bank dan pihak yang ditilang bisa melihat pengumuman setiap hari Jumat jika merasa keberatan

“Tidak ada lagi proses persidangan, tetapi apabila nanti dia mau keberatan dengan putusan denda itu bisa langsung datang ke pengadilan,”kata andi

Munawir

Rekomendasi Berita

Baca Juga