Syahrul Ajak Masyarakat Gemar Berdonor Darah

9
PMI, Palang Merah Indonesia, PMI Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, Temu Kader PMI, Donor Darah, Donor Darah untuk Kemanusiaan, Ketua PMI Sulsel
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyematkan tanda sukarelawan PMI Sulsel di Temu Kader PMI Sulsel di Pinrang, Sabtu (11/3/2017). (SULSELSATU/DOK. HUMAS PEMPROV SULSEL)

SULSELSATU.com, PINRANG– Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh masyarakat ikut berkontribusi dan peduli pada persoalan-persoalan kemanusiaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan aktif ke unit-unit pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendonorkan darah.

“Panggilan kemanusiaan harus hadir dalam kehidupan kita. Dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama,” kata Syahrul saat membuka acara Temu Sukarelawan II PMI se Sulsel di Lapangan Benteng, Kabupaten Pinrang, Sabtu (11/3).

Orang nomor satu di Sulsel itu memberikan apresiasi sangat besar kepada kerja-kerja PMI yang mengedepankan idealisme dan nurani dalam bekerja membantu masyarakat.

Pada kesempatan itu, Syahrul juga memuji kerja-kerja Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo yang sudah memberi stimulan hebat, dan terus memberi semangat serta inspirasi bagi seluruh pengurus PMI dalam bekerja untuk kemanusiaan.

“Saya puji Ichsan sebagai Ketua PMI bukan karena dia adik saya yah. Tapi saya bangga dengan kerja-kerjanya dengan tim bekerja untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo dalam pembukaan Temu Kader PMI menyempatkan diri melakukan sosialisasi pentingnya melakukan donor darah secara rutin.

Menurutnya, beberapa manfaat diperoleh bagi orang yang gemar donor darah. Diantaranya mereka yang rutin donor darah tiga bulan sekali tidak gampang sakit karena selalu terbentuk antibodi baru yang menjadi tentara dan peluru dalam melawan penyakit.

Donor darah juga bisa mendeteksi seseorang sudah terpapar narkoba.

“Jadi bagi orang tua yang mau tahu kondisi anak, begitu masuk usia 18 tahun ajak untuk rutin berdonor. Itu salah satu bentuk pengawasan yang bisa dilakukan untuk tahu apakah anaknya mengonsumsi narkoba atau tidak, ” kata Ichsan.

Dia mengaku ada nikmat yang tidak bisa dibayar dengan apapun ketika darah yang kita donorkan mampu menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan. Karenanya dia mengajak masyarakat untuk aktif berdonor darah.

Habib Rahdar

Rekomendasi Berita

Baca Juga