Pemprov Ajukan Perubahan Perda Tentang Pajak Daerah

4
Bappeda, Bappeda Sulsel, Pemprov Sulsel, DPRD Sulsel, Pajak, Pemilikan Kendaraan Bermotor, Objek Pajak Air Permukiman, Jayadi Nas, Kepala Bappeda Sulsel, Tautoto Tanaranggina
Suasana Rapat Dengar Pendapat DPRD Sulsel dengan Bappeda Prov. Sulsel terkait pajak. (SULSELSATU/RAMDHAN AKBAR)

SULSELSATU.com, MAKASSAR– Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Provinsi Sulsel, mengusulkan perubahan peraturan daerah nomor 10 tahun 2010 tentang Pajak di DPRD Sulsel. Perubahan yang diajukan yakni tarif Pemilikan Kendaraan Bermotor, Objek Pajak Air Permukiman.

Kepala Bapeda Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengatakan, distribusi daerah saat ini lebih dinominasi dengan pajak khususnya kendaraan sehingga perlu perubahan dengan pendapatan yang lain.

“Saat ini sudah banyak biasa ditingkatkan, namun belum diatur sehingga perlu penyempurnaan yang saat ini bisa sesuai,” ungkapnya dalam rapat dengar pendapat di DPRD Sulsel, Selasa (14/3/2017).

Sementara itu, tim ahli DPRD Sulsel, Jayadi Nas mengungkapkan, pemerintah provinsi saat ini harus mengetahui landasan hukumnya, sebelum menyodorkan perubahan peraturan.

Pemprov Ajukan Perubahan Perda Tentang Pajak Daerah 1

“Ada sejumlah peraturan baru yang mengatur perpajakan yang kemudian harus dilaksankan secara normatif,” jelas Jayadi Nas.

Apalagi lanjut Jayadi, ada kewenangan menurut undang-undang yang menginginkan peningkatan sumber-sumber pendapatan.

“Kalau kita lihat data kita PAD kita selama ini hampir 70 hingga 80 persen dari pajak dan ini besar sekali,” ucapnya.

Jayadi menyebutkan seharusnya pendapatan daerah nantinya bisa didapatkan dari sumber lain selain pajak.

“Seharusnya disederhanakan penjelasan perubahan, apa dasarnya,” pungkasnya.

Ramdhan Akbar

Rekomendasi Berita

Baca Juga