PT Sinar Surya Lakukan PHK Sepihak, LMPI Sulsel Dampingi Buruh

73
LMPI Sulsel saat menerima laporan 8 buruh yang di PHK oleh PT Sinar Surya Cemerlang, Senin (13/3/2017)/IST

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Sulsel mendampingi 8 buruh pekerja di PT Sinar Surya Cemerlang yang mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak.

Ketua LMPI Sulsel Andi Nur Alim mengatakan siap mendampingi 8 buruh yang mendapatkan PHK dan tidak mendapatkan pesangon. Padahal, kata dia, 8 buruh tersebut sudah bekerja di PT Sinar Surya Cemerlang selama 10 bulan.

“Berdasarkan peraturan buruh¬† yang sudah bekerja 10 bulan sampai dengan 9 tahun harus mendapatkan hak normatif, berupa upah minimum, BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan serta dana lembur dan cuti,”ujarnya melalu rilis resmi yang diterima SULSELSATU.com, Senin (13/3/2017)

Sementara itu, Ketua DPP Gabungan Serikat Buruh Mandiri Indonesia (GSBMI) Agus Toding juga akan ikut mendampingi 8 buruh yang mendapatkan PHK dari PT Sinar Surya Cemerlang. Bahkan, kata Toding, akan melaporkan perusahaan tersebut ke Polda Sulsel karena sudah melanggar Undang-Undang (UU) nomor 13  tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

” Kami sudah kumpulkan beberapa bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan PT Sinar Surya Cemerlang telah dilakukan terhadap 8 karyawannya yang di PHK tanpa terlebih dahulu diberikan surat peringatan. Apalagi perusahaan itu, melarang karyawannya untuk berserikat,” tegasnya.

Rekomendasi Berita

Baca Juga