Bedah Buku, Kajati Sulselbar : Penegakkan Hukum Harus Punya Pondasi Kuat

19
Walikota Makassar Danny Pomanto bersama Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono saat meghadiri bedah buku Kepala Kejati Sulselbar, Jan S Maringka di Kampus Unhas, Rabu (15/3/2017)/Ari Maryadi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pusat Kajian Kejaksaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar menggelar bedah buku karya Kepala Kejati Sulselbar Jan S Maringka berjudul “Reformasi Kejaksaan dalam Sistem Hukum Nasional” di Kampus Universitas Hasanuddin, Rabu 15 Maret 2017.

Jan S Maringka berharap buku yang ditulisnya dapat menambah harapan generasi muda adhyaksa sehingga kejaksaan mendapatkan dukungan dalam konteks membangun kemandirian. Bukan hanya secara kelembagaan juga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Menurut pria yang pernah menyenyam pendidikan di Universitas Hasanuddin tersebut, buku itu telah mendapatkan kajian secara konprehensif, dan integral sehingga memberikan gambaran secara menyeluruh apa yang dibutuhkan oleh Kejaksaan. “Mulai dari penguatan konstitusi, sinkronisasi di bidang regulasi serta dalam konteks pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM ),” terang Jan S Maringka.

Ia melanjutkan, kejaksaan sebagai salah satu pilar penegakan hukum harus didukung dengan pondasi kuat. Hal itu dapat memudahkan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, bebas dari berbagai intervensi yang dapat melemahkannya.

“Pembaruan kejaksaan harus berjalan dalam sebuah grand desain yang bukan saja tanggung jawab jajaran Korps Adhyaksa melainkan seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat,” tambah Jan.

Diketahui, buku setebal 230 halaman itu ditulis Jan S Maringka ketika mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Isinya mengenai komitmen seluruh bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan penguatan Kejaksaan secara kelembagaan dalam menopang kehidupan bernegara sebagai lembaga penuntutan yang profesional dan independen.

Ari Maryadi

Rekomendasi Berita

Baca Juga