Indeks Integritas Antikorupsi Sulsel Terbaik se-Indonesia

23
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Indeks Integritas Antikorupsi, Sulsel, Sulawesi Selatan, Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, Basaria Panjaitan, Saya Perempuan Anti Korupsi, Dharma Wanita, Makassar, Sulsel
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan (kanan). (SULSELSATU/HABIB RAHDAR)

SULSELSATU.com, MAKASSAR– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mengapresiasi kinerja Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya dalam pemberantasan korupsi. Pemprov Sulsel memiliki indeks integritas antikorupsi yang terbaik di Indonesia, berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan KPK.

Komisioner KPK RI‎, Basaria Panjaitan mengatakan, ada sebuah angin perubahan dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Sulsel yang terbaik, karena disini lengkap. Dalam hal Indeks integritas, jangan ditanya lagi,” kata Basaria, usai memberikan ceramah umum, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Kamis (16/3).

Basaria mengungkapkan, pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK adalah salah satunya dengan cara pencegahan. Pencegahan memiliki banyak program, salah satunya program Saya Perempuan Anti Korupsi.

Ia mengatakan, kegiatan sosialisasi anti korupsi yang dilaksanakan ditujukan bagi PNS dan Dharma Wanita. Alasannya, supaya perempuan yang bekerja di pemerintahan bisa melihat sesuatu yang tidak benar, bisa menolak bahkan melaporkan ke pihak berwenang.

“Sebagian lagi ibu Dharmawanita, karena kita tahu ibu-ibu ini nanti yang mendidik anak-anaknya di rumah untuk memberikan apa itu nilai-nilai kejujuran. Karena kejujuran adalah inti bagi seseorang tidak melakukan korupsi,” terangnya.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, indeks integritas diperoleh berdasarkan survei BPS dengan KPK. Dalam hal budaya antikorupsi, Sulsel mendapatkan nilai‎ 74 dari nilai tertinggi 86.

Untuk kategori‎ pengorganisasian anti korupsi, Sulsel mendapatkan nilai 82 dari nilai tertinggi 86. Sedangkan, untuk‎ Integritas pejabat, Sulsel juga mendapat nilai 74.

“Kalau nilai 100 persen, kita capai 90 persen.Kita harus jadi contoh, tidak ada korupsi, tidak ada pungli. Dan saya sependapat, kalau ada yang salah harus ditindaki, serta preventif menjadi penting,” pungkasnya.

Habib Rahdar

 

Indeks Integritas Antikorupsi Sulsel Terbaik se-Indonesia 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga