TTIC Solusi Bagi Petani Sulsel

22
Kepala Dinas KPTPH Sulsel Fitriani/Habib Rahdar SULSELSATU.com

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Sulawesi Selatan (Sulsel), Fitriani, berkomitmen penuh untuk menjadikan Provinsi Sulsel, sesuai dengan arahan SYL, yakni 3M + 1B, Kamis (17/3/2017).

“Kami dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, berkomitmen penuh dalam menjadikan Provinsi Sulsel 3 kali lebih Maju, 3 kali lebih Mandiri, 3 kali lebih modern dalam satu kebersamaan,” kata Fitriani dalam sambutannya pada acara Launching 100 hari kerja Dinas KPTPH.

TTIC Solusi Bagi Petani Sulsel
Menteri Pertanian Amran Sulaeman bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Kepala KPTPH Sulsel Fitriani saat meresmikan program 100 hari kerja Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Jumat (17/3/2017)/Habib Rahdar SULSELSATU.com

Fitriani juga menambahkan jika pada acara 100 hari kerja ini, ada 3 hal yang akan di resmikan, yakni yang pertama ada kerjasama mengenai pembiayaan bagi Petani dengan pihak perbankan. Kedua peresmian toko Tani Indonesia Center (TTIC), dan ketiga Launcing produk sehat menuju organik.

“TTIC ini diharapkan mampu memutus rantai pasokan, yang tidak terlalu panjang misalnya sampai 7-8. Sehingga dengan ini diharapkan para petani dan konsumen sama-sama dapat tersenyum,”sebutnya.

Menurut Fitriani, dengan hadirnya TTIC ini sangat membantu petani dan konsumen, sebab jika sebelumnya mata rantai pasokan tanaman pangan mencapai 8 mata rantai, dengan hadirnya TTIC ini meniyisakan 2 mata rantai saja.

“Yang tadinya 7-8 mata rantai pemasok, kini tinggal 2 saja, yakni dari Petani kepada Gapok Tani sebagai pengepul, dan dari Gapok Tani ke kita.” pungkasnya.

Program Toko Tani Indonesia Center ini diresmikan secara serentak diseluruh indonesia dan untuk wilayah sulsel sendiri ada 10 kabupaten/kota.

Habib Rahdar

Rekomendasi Berita

Baca Juga