Jet Tempur F16 yang Tergelincir Masih Laik Terbang

14
Jet tempur F16 yang tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau/IST

SULSELSATU.com, PEKANBARU – Jet tempur F16 yang sempat tergelicir hingga terbalik di ujung landasan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekambaru, Riau akan segera di perbaiki di Pangkalan Udara Iswahyudi Jawa Timur. Akan diperbaikinya jet tempu F16, dikarenakan dianggap masih laik terbang setelah dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan kondisi jet tempur.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Henri Alfiandi mengatakan akibat jet tempur F16 A/B Blok 15 dengan nomor ekor TS1603 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin hanya mengalami kerusakan ringan.

Beberapa body jet F16 yang mengalami kerusakan diantaranya bagian hidung pesawat, ujung sayap dan ekor atau “Vertical Stabilizer”. Penyelidikan yang melibatkan belasan tim ahli dari Komando Pemeliharaan Materiil Angkatan Udara (Korharmatau) dipimpin Kolonel Tek Iwan dan Mayor Tek Subagyo.

“Hasil penyelidikan, pesawat ini laik diterbangkan kembali, tentunya setelah perbaikan,” jelas Danlanud seperti yang dikutip dari INILAHCOM.

Henri mengatakan pesawat F16 buatan Amerika yang dibeli baru pada 1992 silam tersebut dipastikan akan lebih canggih pasca perbaikan dan peningkatan kemampuan di Lanud Iswahyudi. Nantinya badan pesawat nantinya akan dilepas satu persatu mulai dari hidung, ekor, sayap dan sejumlah komponen lainnya. Selanjutnya, pesawat akan dimasukkan ke dalam kargo dan diterbangkan ke Iswahyudi menggunakan Hercules.

Ia menambahkan jet tempur F16 yang tergelincir hingga menyebabkan badan pesawat terbalik di ujung landasan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, akan diperbaiki di Pangkalan Udara Iswahyudi, Jawa Timur.

“Pesawat akan dibawa ke Lanud Iswahyudi,” pungkasnya.

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Bertemu Aliyah, Kades Bontomangape Keluhkan Pencabutan Insentif PPKBD

SULSELSATU.com, TAKALAR - Karunia Ramli, selaku Pelaksana Tugas (Plt)...

Surya Paloh Imbau Warga Maksimalkan Hak Pilihnya

SULSELSATU.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengimbau...

PDAM Parepare Butuh Rp30 Juta untuk Suplai Air ke Pegunungan, Tetapi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Menanggapi krisis air di Kota Parepare,...

Baca Juga