Usai Gelar Perkara, Polres Luwu Naikkan Status Kasus Pungli BPN ke Penyidikan

Gelar perkara kasus pungli di BPN Luwu yang ditangani Polres Luwu/Haswadi

SULSELSATU.com, LUWU – Setelah melakukan gelar perkara bersama pihak terkait, Polisi akhirnya meningkatkan kepenyidikan.

Wakapolres Luwu, Kompol Abraham Tahalele yang juga ketua tim Satuan Pemberantasan Pungli (Saber) Pungli Kabupaten Luwu, mengatakan, setelah mendengarkan masukan dan pemaparan dari penyidik, korban dan pihak Kejaksaan, kasus ini dinaikkan jadi penyidikan.

“Tahap pertama kita periksa seluruh pihak terkait, yang jelas kasus ini memenuhi unsur tindak pidana pungutan liar,” kata Abraham Tahalele, usai memimpin gelar perkara di ruang PPDO Polres Luwu, Rabu (5/4/2017).

Sebelumnya, seorang warga bernama Andi Hendra, melapor ke Polres Luwu, terkait dugaan pungutan liar yang terjadi saat dia mengurus sertifikat di kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Luwu. Ketika itu, Andi Hendra diminta menyerahkan berkasnya plus uang Rp 5 juta.

“Belakangan uang tersebut dikembalikan secara bertahap, namun korban menolak menerimanya karena yakin bahwa sudah tidak sesuai prosedur,” ujarnya.

Penulis : Haswadi
Editor : Ihwan Fajar