Johan Budi : Presiden Jokowi Sudah Kantongi Calon Hakim MK Pengganti Patrialis

35
Jubir Kepresidenan Johan Budi/INT

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pasca ditangkapnya hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Patrialis Akbar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menyiapkan nama untuk di seleksi.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih satu dari tiga nama calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan pansel, Senin (3/4/2017) lalu.

Sebagaimana diberitakan, pada Senin kemarin pansel hakim MK yang diketuai oleh Harjono datang ke Istana dan diterima secara langsung oleh Presiden RI. Kedatangan Pansel MK ialah untuk mengajukan tiga nama calon hakim MK terpilih untuk menggantikan Patrialis Akbar yang tersangkut kasus dugaan suap.

Ketiga nama tersebut sebelumnya telah diseleksi dari total 45 pendaftar calon Hakim MK. Ketiganya antara lain Saldi Isra (guru besar hukum tata negara Fakultas Hukum Universitas Andalas), Bernard Tanya (dosen di Universitas Nusa Cendana) dan Wicipto Setiadi (mantan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia).

“Presiden sudah memutuskan calon hakim Mahkamah Konstitusi setelah dilaporkan oleh pansel. Ada beberapa calon kemudian dipilih satu. Setelah itu, tentunya prosesnya pelantikan,” ujar Johan di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat seperti yang dikutip dari INILAHCOM, Jumat (7/4/2017).

Namun, ia mengaku belum mengetahui nama yang dipilih dan telah dikantungi Jokowi sebagai hakim MK baru yang akan dilantiknya melalui Keputusan Presiden (Keppres).

“Saya belum tahu Keppres-nya sudah di tandatangani atau belum dan karena belum tahu, maka saya tidak bisa menyampaikan siapa yang dipilih,” ucapnya.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ini Empat OPD yang Jadi Lokus Kunjungan Benchmarking Diklatpim Asal Selayar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebanyak 40 peserta pendidikan kilat pimpinan...

Luncurkan Gerakan ANTIK, Manajemen Hotel Aston Bersihkan Pantai Losari

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang ulang tahun yang ke-7, Aston...

Taufan Ajak Peserta Diklatpim Asal Selayar Tanamkan Jiwa Integritas

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga