Ini Harapan Besar DPR RI Terhadap Ketua KPU dan Bawaslu Baru

SULSELSATU.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI resmi berganti serta memiliki Ketua baru. Harapan besar masyarakat terhadap Ketua KPU dan Bawaslu yang baru untuk menjaga netralitas dan menjaga demokrasi di Indonesia.

Anggota Komisi II DPR Rahmat Hamka berharap Ketua KPU yang baru Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan dapat menjaga hubungan baik dengan mitra kerja di DPR secara profesional.

“Harapannya agar mampu secara pro aktif dan profesional menjalin koordinasi dengan Komisi II selaku mitra di DPR RI,” kata Rahmat seperti yang dikutip dari INILAHCOM, Jumat (14/4/2017).

Politikus PDI Perjuangan asal Kalimantan Tengah ini menambahkan, yang paling penting adalah kedua ketua penyelenggara pemilu itu dapat menjalin kesolidan dalam menjalankan tugas termasuk berkomunikasi dengan Komisi II.

“Dan yang paling penting punya kapasitas menjaga dan memelihara soliditas sebagai mitra sejajar yang saling menghargai dan menghormati, kemudian punya sikap yang tegas, baik ketika dalam forum rapat maupun ketika menyampaikan hal-hal lain diluar forum rapat harus mengedepankan etika sebagai mitra,” tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan rapat pleno KPU periode 2017-2022, Arief Budiman terpilih sebagai Ketua KPU yang baru. Sebelumnya Arief juga merupakan komisioner KPU periode 2012-2017. Kemudian dalam rapat pleno Bawaslu, Abhan terpilih menjadi Ketua Bawaslu.

Editor : Ihwan Fajar