Benarkah Kandungan Gula dalam Buah Berbahaya bagi Kesehatan?

12
Kandungan Gula dalam Buah, Gula Alami Buah, Manfaat Gula Buah, Manfaat Mengkonsum Buah, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com – Banyak orang khawatir mengkonsumsi buah dalam jumlah yang banyak karena kandungan gula yang ada di dalamnya. Ada yang beranggapan jika gula alami pada buah juga bisa menyebabkan diabetes dan bikin gemuk. Benarkah demikian?

Dikutip dari Men’s Health, penelitian dari China justru menyebutkan bahwa semakin banyak buah yang Anda makan, maka risiko Anda untuk terkena diabetes akan menjadi semakin menurun. Setiap porsi buah per hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes hingga 12 persen. Menurut para peneliti, hasil ini didapat dengan membandingkan apabila responden mengonsumsi asupan manis dari camilan dengan pemanis buatan.

“Buah memang manis dan mengandung gula. Namun gula alami dalam buah tidak akan dimetabolisme dengan cara yang sama seperti gula buatan,” tulis para peneliti.

Hal serupa juga disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD. Ia menyebutkan bahwa pada umumnya semua buah mengandung karbohidrat berbentuk gula (fruktosa). Namun tak perlu khawatir karena gula pada buah aman untuk dikonsumsi.

“Buah juga kaya akan vitamin dan mineral. Perlu diketahui bahwa gula merupakan sumber karbohidrat, yaitu zat tenaga. Karbohidrat berbahaya hanya apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak digunakan untuk beraktivitas sehingga menyebabkan penumpukan kalori dalam bentuk lemak,” imbuh Jansen kepada detikHealth.

Untuk buah sendiri, ia menyarankan Anda untuk mengonsumsinya secara beragam warna. Ini karena setiap warna memiliki kandungan unik bernama fitokimia, yang selain memberi buah dan sayur warna tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Bagi yang tidak ada masalah kesehatan, tidak ada batasan mengonsumsi buah-buah tersebut. Namun bagi pengidap penyakit tertentu seperti diabetes, sebaiknya batasi buah-buahan karena dapat memicu kenaikan glukosa darah di dalam tubuh secara cepat,” pesan Jansen.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga