Dinas P2 Sosialisasikan Food Security Hewan Ternak

8

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Guna menggalakkan daging sehat di kota Makassar, Dinas Peternakan dan Perikanan (P2) Kota Makassar menggelar sosialisasi mengenai fungsi dan peran bidang peternakan hewan menuju Makassar dua kali tambah baik, Rabu (19/4/2017) di Kakaktua room Hotel Horizon Makassar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kota Makassar Abd. Rahman Bando mengatakan dalam memasuki hari raya besar yaitu Idul Fitri disusul Idul Kurban, pihaknya akan mengantisipasi hewan ternak yang masuk di Makassar tidak membawa penyakit.

“Ini adalah bagian dari antisipasi dini dimana kita akan menghadapi Idul Fitri, agar ternak yang di budidayakan dari berbagai kabupaten tidak membawa penyakit jika masuk di Makassar,” ujar Rahman

Rahman menambahkan, pihaknya juga mensosialisasikan food security untuk menjamin mutu hewan ternak baik sebelum disembelih maupun hewan yang akan di sembelih, sebagai mana prinsip Dinas P2 yaitu aman, sehat utuh dan halal.

“Kami juga menjelaskan food security untuk menjamin mutu hewan ternak, termasuk kehalalannya. Kami akan memeriksa hewan ternak yang telah disembelih. Kami periksa dagingnya hingga isi-isi perutnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Staf Ahli Bidang I Abd Azis Hasan, Sekretaris Pokja Upsus Siwab Kementrian Pertanian RI Wignyo Sandoko dan sekitar 500 peserta yang terdiri dari dokter hewan, penyuluh peternakan, pelaku usaha, juru penyembelihan dan masyarakat umum yang memelihara hewan ternak.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga