Menanti Bendungan Passeloreng yang Tampung 138 Juta Meterkubik Air Baku

9
Basuki Hadimuljono, Basuki, Menterin Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menter PUPR, Bendungan Passeloreng, Wajo, Kabupaten Wajo, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Jeneberang - Pompengan, Agus Setiawan, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com, SENGKANG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meninjau pembangunan Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo, Rabu (19/4/2017). Dalam peninjauan ini, Basuki turut didampingi Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemprov Sulsel.

Syahrul mengatakan, pembangunan bendungan Passeloreng akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Selain sebagai pengendali banjir, juga akan menjadi penyedia air baku dengan kapasitas tampungan sekitar 138 juta meterkubik dengan tinggi bendungan 44,5 meter.

“Saat ini masih menunggu peninjauan tim terpadu yang berencana datang 27 April mendatang,” kata Syahrul.

Bendungan Passeloreng sendiri saat ini telah memasuki tahapan baru, dimana telah dilakukan pengalihan aliran Sungai Gilireng ke dua unit terowongan yang telah dibuat. Tujuan pengalihan itu agar bangunan utama bendungan sudah bisa dikerjakan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan Passeloreng ini cukup cepat dibanding pengerjaan salah satu bendungan di daerah lain yang progresnya hanya 12 persen. Basuki membeberkan, progres pembangunan Passeloreng sudah 53 persen.

“Jika progresnya terus seperti ini, saya optimistis bisa selesai tahun 2018 atau lebih cepat setahun dari target yang ditentukan, ” ujar dia.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Menanti Bendungan Passeloreng yang Tampung 138 Juta Meterkubik Air Baku 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga