Bappeda Gelar Rakor Monev Program Pembangunan Palopo

9

SULSELSATU.com, PALOPO – Badan Perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo menggelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) program kegiatan pembangunan untuk triwulan pertama Tahun anggaran 2017 yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae, Rabu 19/04/17.

Kepala Bappeda Palopo, Drs Firmanzah dalam laporannya menyampaiakn rakor ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana capaian kinerja pelaksanaan program kegiatan pembangunan dengan realisasi penyerapan anggaran dan realisasi fisik kegiatan yang dibiayai melalui sumber dana APBN, PHLN, APBD Provinsi Sulawesi Selatan, dan APBD Kota Palopo.

“Ini juga dilaksanakan disamping mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala dan hambatan juga antisipasi yang nantinya dilakukan untuk kelancaran pelaksanaan pembangunan,” ungkap Firmanzah.

Adapun beberapa permasalahan yang menyebabkan masih rendahnya tingkat capaian kinerja, hanya khusus pada kegiatan pembangunan fisik. Namun demikian permasalahan tersebut kami yakin dapat teratasi melalui pendekatan komunikasi, koordinasi dan implementasi secara intensif antara pihak yang terkait.

Sementara itu Asisten Pembangunan Kota Palopo M. Taufiq, pada kesempatan itu menyampaikan rapat monev yang diselenggarakan setiap triwulan ini merupakan upaya untuk mengetahui sampai sejauh mana realisasi pelaksanaan program kegiatan pembangunan yang kita laksanakan.

“Apakah kegiatan-kegiatan tersebut telah terlaksana dengan baik sesuai rencana atau terdapat permasalahan yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya,” ungkap Taufiq.

Lanjutnya, saat ini, pelaksanaan program pembangunan telah berjalan untuk triwulan pertama pada tahun anggaran 2017, capaian kinerja serapan anggaran sebagai mana laporan Kepala Bappeda, mengambarkan bahwa baik dana APBN maupun dana APBD capaiannya rata rata cukup baik meskipun jumlah ini dibawa target yang telah di tetapkan.

Sekaitan dengan hal tersebut lanjut Taufiq, maka dirinya berharap kepada para kepala SKPD atau satuan kerja kementrian dan lembaga yang mengelolah dana APBN dan Dekon, dana tugas pembantuan,dana APBD Provinsi, DAK serta dana APBD Kota palopo yang capain kinerjanya terkait realisasi keuangan dan fisik masih dibawa agar segera mengambil langkah langkah percepatan pelaksanaan kegiatannya.

“Ini diharapkan karena akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan menghambat upaya penyerapan tenaga kerja, dimana salah satu tujuan dari kegiatan pembangunan adalah untuk menyerap tenaga kerja, yang akan berpengaruh terhadap peningkatan daya beli masyarakat,” jelas Taufiq.

Ia juga berharap dalam pelaksanaan rakor monev triwulan pertama ini, seluruh program kegiatan yang ada dapat segera didiskusikan, dan apabila terdapat permasalah yang belum dapat diselesaikan melalui forum tersebut sekda mengharapkan agar yang bersangkutan dapat segera melaporkan kepada pimpinan untuk mendapatkan arahan dan petunjuk lebih lanjut.

Peserta yang hadir pada rakor monev, terdiri dari para kepala Instansi Vertikal atau satuan Kerja Kementerian dan Lembaga yang berada di kota Palopo, turut hadir Para Kepala SKPD serta para Camat lurah lingkup Pemkot Palopo.

Penulis : Haswadi
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga