KPU Jakarta Libatkan 120 Orang Unggah Form C1 Pilgub DKI Jakarta

9
Kotak suara Pilgub DKI Jakarta/Liputan6.com

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pasca penghitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta langsung melakukan scanning Form C1 dari seluruh TPS untuk diunggah di website resmi milik KPU. Untuk mengunggah data Form C1 tersebut, KPU DKI Jakarta menurunkan 120 orang petugas dan 70 operator.

Kepala Bagian Program Data Organisasi dan SDM KPU DKI Jakarta Suharyono mengatakan pihaknya menurunkan 120 orang petugas dan 70 operator dan memindai berkas C1.

“Sisanya petugas penerima serta verifikator berkas,”ungkapnya di Hotel Bidakara, Jakarta.

Suharyono memastikan kesiapan alat yang dimiliki KPU DKI Jakarta untuk menginput data Form C1 dengan menyiapkan 32 alat pemindai berkas C1, 85 Laptop, dan jaringan internet yang sebelumnya telah di uji coba. Apalagi sistem tersebut, sudah digunakan saat putaran pertama Pilgub DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, kendala yang dihadapi apabila ada berkas C1 kosong yang dikirimkan ke pusat Situng KPU Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bidakara. Bila itu terjadi, maka tim verifikator akan menghubungi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang juga memegang salinan berkas C1.

“Kalau berkas C1 kosong maka tidak mungkin diunggah sehingga kami cari dokumen asli dengan mengontak Panwaslu,” kata dia.

Suharyono mengatakan pada Pilkada Jakarta putaran pertama berkas C1 kosong sebanyak 3 persen, namun pada putaran kedua akan ditekan seminimal mungkin.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga