Ini Harapan Seniman Papua Pada Pemerintah Indonesia

12

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sanggar Seni Kamasan Biak Papua Barat kembali menjadi salah satu komunitas yang mendapat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbuk) pada workshop bertajuk ” Bantuan Pemerintah Fasilitas Komunitas Budaya di Masyarakat Revitalisasi Desa Adat Tahun 2017″ di Hotel Singgasana, Jumat (21/4/2017).

Seniman, sekaligus pendiri Sanggar Kamasan Biak Papua Barat, Ishak Smoul Burhan mengatakan setiap tahunnya mulai tahun 2012 sanggar seni yang diasuhnya mendapat bantuan dari Dirjen Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi.

Meski sanggar seni yang diasuhnya menjadi salah satu perhatian pemerintah, namun putra Papua lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini tetap mengharapkan pemerintah Indonesia agar lebih memfokuskan perhatiannya pada anak-anak Papua, apalagi menurutnya anak-anak Papua memiliki bakat alamiah dalam bidang kesenian.

“Saya berharap pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemendikbud untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anak papua. Papua dan segala bentuk kesenian serta budayanya itu satu paket dengan manusianya. Karena ritual-ritual adat di Papua itu sudah menjadi kesenian di sana. Jadi saya rasa anak-anak papua itu punya bakat alamiah dalam bidang kesenian”, terangnya.

Workshop sekaligus pemberian bantuan dari Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dihadiri beberapa komunitas budaya dan seni serta desa adat yang berada di Wilayah Timur Indonesia yang meliputi Sulawesi, Bali, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga