Menengok Kehidupan di “Kampung Janda” Banjarbaru, Kalimantan Selatan

357
Kampung Janda, Batuah, Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com – Anda sudah pernah mendengar “Kampung Janda”? Mungkin ini memang agak terdengar sedikit aneh, namun keberadaan akan “Kampung Janda” ini betul-betul nyata, bukan hoax.

Adapun lokasinya berada di Batuah, Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Disebut “Kampung Janda” karena warga di sana banyak yang menyebutnya demikian.

Lantas, mengapa disebut “Kampung Janda”? Yuk, tengok kehidupan masyarakatnya.

Dilansir dari tribunnews.com disebutkan bahwa kampung ini sudah ada dan disebut dengan “Kampung Janda” sejak 10 tahun lalu.
“Kampung Janda” itulah sebutan para warga Bertuah yang menyebut kampungnya sendiri. Bukan tanpa alasan mereka menyebutnya demikian, karena memang di kampung tersebut rumah-rumahnya sebagian besar diisi oleh para janda.

Di kampung ini ada sekitar 26 kepala keluarga (KK) yang merupakan seorang janda dari 37 rumah. Tapi jika dihitung per kepalanya, hampir 90 persen perempuan di kampung tersebut adalah janda. Wah, luar biasa kan?

Banyak janda berkumpul di kampung Batuah, mulai dari janda muda, janda tua, janda beranak banyak, janda satu anak, janda bersuami satu, janda bersuami banyak, janda yang ditinggal mati oleh suaminya, sampai janda yang baru saja cerai ada disana.

Oleh sebab itu kampung Batuah dijuluki sebagai “Kampung Janda.”

Hal demikian juga dituturkan oleh Ketua RT-nya, bahwa kampung Batuah memang dikenal memiliki banyak janda. Bahkan dari semua warga, hampir bisa dihitung rumah yang tak memiliki janda di dalamnya. Kemungkinan hanya ada tiga rumah saja yang di dalamnya tidak ada jandanya.

Jadi, apakah Anda tertarik berkunjung ke sana? 🙂

Editor : Awang Darmawan
Foto : Tribunnews.com

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga