Kini, Kehilangan Smartphone Lebih Menyedihkan Ketimbang Putus Cinta

6
Kapersky Lab, Kehilangan Smartphone, Putus Cinta, Kehilangan Smartphone Lebih Menyedihkan daripada Putus Cinta, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com – Kehilangan smartphone dan foto-foto digital ternyata lebih dianggap menyedihkan ketimbang putus cinta. Kurang lebih begitulah kesimpulan hasil penelitian yang dirilis perusahaan keamanan cyber, Kapersky Lab, soal skenario yang membuat masyarakat modern tertekan saat ini.

Penelitian ini menggunakan metode survei secara online yang disebar ke 17 negara, termasuk salah satunya Indonesia. Ada 16.000-an responden berusia di atas 16 tahun dengan proporsi seimbang antara lelaki dan perempuan.

“Studi menunjukkan bahwa masyarakat modern menilai perangkat elektronik dan foto di dalamnya lebih berharga ketimbang pasangan, teman, atau hewan peliharaan,” begitu tertera pada laporan penelitian, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin (24/4/2017).

Berikut 10 besar insiden secara berurutan yang membuat masyarakat modern saat ini sedih.

1. Anggota keluarga sakit atau meninggal dunia.
2. Perangkat elektronik (smartphone, tablet, komputer) hilang atau dicuri.
3. Foto digital yang tak di-back-up hilang.
4. Putus cinta.
5. Akun media sosial di-hack.
6. Kehilangan kontak di smartphone yang tak di-back-up.
7. Bertengkar dengan teman, pasangan, atau anggota keluarga.
8. Kecelakaan mobil.
9. Hari yang buruk di tempat kerja.
10. Hewan peliharaan sakit atau meninggal dunia.

Lebih rinci, foto-foto digital yang dianggap paling berharga secara berurutan adalah foto dan video diri sendiri (49 persen), foto dan video anak-anak mereka (39 persen), foto dan video pasangan serta keluarga (39 persen), serta foto traveling (23 persen).

Posisi foto digital bahkan lebih penting ketimbang data semacam hasil scan paspor, SIM, asuransi, dan dokumen personal lainnya. Ketika kehilangan smartphone, cuma 22 persen dari responden yang khawatir dengan dokumen-dokumen itu.

Bahkan, cuma 21 persen yang cemas kehilangan data finansial dan detail pembayaran mereka yang tertera di smartphone. Hal-hal lain yang dikhawatirkan hilang bersamaan dengan smartphone adalah dokumen berkaitan dengan pekerjaan (12 persen), e-mail personal (10 persen), SMS (9 persen), dan e-mail pekerjaan (8 persen).

Jadi, apakah Anda sepakat dengan kesimpulan ini?

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga