Bulog Jamin Stok Sembako Aman Jelang Ramadan

8

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menjelang bulan Ramadan, pemerintah mulai bersiap mengantisipasi kenaikan harga pangan di sejumlah daerah yang sering terjadi setiap tahunnnya.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjamin stok beras mencukupi untuk kebutuhan Bulan Puasa hingga Lebaran. Persediannya mencapai 2 juta ton.

“Stok beras kita masih punya stok sekitar 2 juta untuk sekarang,” kata Kepala Perum Bulog, Djarot Kusumayakti kepada wartawan usai rapat koordinasi tentang Pengendalian Harga Menjelang Puasa dan Lebaran di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (25/04/2017) dikutip dari INILAHCOM.

Mantan Direktur BRI ini bilang, stok sebanyak 2 juta ton tersebut, bisa memenuhi kebutuhan untuk 3 bulan ke depan. Artinya, cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat saat Puasa Ramadan maupun Idul Fitri yang biasanya mengalami kenaikan.

“Pokonya kalau bicara 2 juta bicara untuk orang menengah bawah bagi aja kira-kira 8 bulan, tapi kalau untuk umum 2-3 bulan aman,” kata Djarot.

Selain itu, kata Djarot, sejumlah daerah saat ini, stok berasnya melimpah’ Lantaran memasuki masa panen raya. Sehingga diharapkan bisa menambah persediaan di gudang Perum Bulog.

“(Panen) Masih, kalau panen Pak Mentan (Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman) lebih tahu, saya kan tugasnya membeli kalau ada yang jual,” kata Djarot.

Untuk daging impor, Djarot mengaku, tersedia sebanyak 39 ribu ton. Yang dimaksudnya adalah daging kerbau asal India. Nantinya akan ada penambahan 10.000 ton hingga 20.000 ton, mengantisipasi Puasa dan Lebaran.

“Mungkin 10-20 ribu lagi, kan sekarang 39 ribu ton, banyak itu,” paparnya.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga