Ingin Memulai Bisnis Online? Ikuti 8 Tips Berikut

15
Tips Menjalankan Bisnis, Tips Menjalankan Usaha bagi Pemula, Tips Memulai Usaha, Tips Jika Usaha sedang Sepi, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu

SULSELSATU.com – Bisnis online dewasa ini menjadi salah satu mata pencaharian yang cukup menjanjikan. Kebiasaan masyarakat yang berubah dalam berbelanja seiring dengan kemajuan teknologi, membuat bisnis ini dilirik banyak orang.

Namun, menyusul menjamurnya toko online akhir-akhir ini menuntut para pelaku bisnis online untuk melakukan inovasi terhadap bisnis mereka. Untuk itu, jika Anda juga berniat untuk memulai bisnis online ini, sebaiknya ikuti delapan tips di bawah ini agar bisnis Anda bisa sukses, sebagaimana dirangkum dari laman Entrepreneur.

1. Tentukan target pasar

Hal paling mendasar yang harus diketahui oleh para pelaku bisnis online adalah menetapkan segmentasi target audiens dari produk yang mereka tawarkan. Dengan menetapkan segmentasi, pebisnis dapat menetapkan trik penjualan yang sesuai dengan target, lantaran setiap segmen demografi memiliki kecenderungan yang berbeda. Misalnya, generasi milleneal lebih menyukai toko online yang menawarkan banyak konten, sebaliknya generasi yang lebih tua lebih membutuhkan banyak informasi tertulis dibandingkan visual produk.

2. Kemudahan bagi pembeli

Ketika Anda menjual produk secara online, sebenarnya adalah bagaimana memberikan kesan pertama bagi pembeli sehingga mereka mengunjungi toko online Anda kembali. Kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli serta pemilihan produk tentunya akan lebih dimintai oleh pembeli. Proses yang rumit dan panjang hanya akan membuat pembeli meninggalkan toko online Anda.

3. Beri kesempatan bagi pelanggan untuk memberikan review

Salah satu keunggulan yang diberikan toko online adalah memberikan ruang interaksi antara konsumen terdahulu dengan calon pembeli. Dengan demikian mereka dapat memberikan saran tentang suatu produk. Calon pembeli cenderung lebih percaya kepada review yang diberikan oleh pembeli terdahulu. Dengan memberikan ruang bagi para konsumen untuk berinteraksi, maka toko online Anda akan lebih menarik bagi calon konsumen

4. Buatlah blog tentang toko online Anda

Blog adalah cara efektif untuk menambah konten pemasaran toko online Anda. Terlebih banyak blog yang disediakan secara cuma – cuma. Pikirkankanlah semua pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh calon pembeli, lalu uraikan penjelasa secara detail dalam tiap – tiap artikel. Blog memberikan kesempatan bagi calon pembeli untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin. Sehingga calon pembeli tidak memiliki keraguan terhdap produk Anda.

5. Manfaatkan peran online influencer

Online influencer dapat memberikan pengaruh yang besar bagi penjualan produk Anda. Setelah Anda telah mengidentifikasi target pasar, selanjutnya adalah menemukan seorang online influencer yang sesuai dengan target pasar. Bisa jadi online influencer yang memiliki latar belakang blogger, public figure atau seorang jurnalis. Untuk menarik minat mereka, Anda dapat memberikan sample produk Anda kepada para online influencer. Lalu, mereka dapat memberikan review mengenai produk Anda kepada komunitasnya. Review yang ditulis oleh seorang online influncer akan menarik minat banyak calon konsumen dan tentunya dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

6. Maksimalkan peran PR

Dalam dunia digital sekarang ini, identitas sebuah merek adalah hal yang krusial. Pasalnya banyak merek yang serupa yang bermunculan, sehingga produk anda harus memiliki pembeda dengan produk lainnya.

Untuk membuat identitas produk anda dapat memaksimalka peran dari para public relation yang menyediakan layanan melakukan branding untuk produk Anda. Dengan demikian produk Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan produk lain yang serupa.

7. Berikan layanan terbaik bagi konsumen

Pelanggan toko online mengutamakan jaminan terhadap produk, dari kualitas hingga jaminan produk sampai di tangan mereka setelah melakukan pembayaran.

Dengan demikian untuk menarik minat konsumen Anda perlu memberikan jaminan yang lebih tinggi dibandingkan toko online lainnya. Jangan ragu untuk memberikan jaminan uang kembali apabila konsumen mendapati produk yang mereka beli tidak sesuai dengan yang kualitas yang mereka harapaka. Dengan jaminan ini, konsumen akan lebih percaya dengan toko online Anda.

8. Membangun hubungan baik dengan pembeli

Kemajuan internet membuak ruang bagi Anda untuk lebih dekat dengan konsumen, sehingga jangan sia- siakan peluang tersebut. Ketika Anda sudah mengetahui target konsumen, Anda dapat memberikan informasi kepada mereka terkait produk baru yang akan diluncurkan. Jangan lupa untuk tetap berkonumikasi dengan mereka setelah melakukan transaksi pembelian. Anda juga dapat meminta review tentang produk maupun layanan yang diberikan. Perlakuan tersebut akan membuat konsumen lebih dihargai sebagai pembeli, tentunya Anda akan memberikan pengalaman positif bagi pembeli.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga