Ini Arahan Mendagri Tjahjo Kumolo pada Peringatan Hari Otoda XXI

6
Agus Arifin Nu'mang, Hari Otoda, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang menyampaikan pidato seragam Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, (25/4/2017).

Dalam pidato seragam Mendagri yang disampaikan Agus AN, ada lima poin arahan pokok bagi seluruh pemerintah daerah.

Pertama, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, harus senantiasa terjalin hubungan yang harmonis antara kepala daerah dan DPRD sebagai sesama unsur penyelenggara pemerintahan daerah, termasuk hubungan yang harmonis dengan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida)

Kedua, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan daerah untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintah daerah yang baik dan profil pemerintahan daerah yang bersih, melalui reformasi birokrasi, serta peningkatan kapasitas dan integritas seluruh penyelenggara pemerintahan daerah, baik kepala daerah, DPRD, maupun pegawai negeri sipil.

Ketiga, memprioritaskan program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang didukung dengan pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Keempat, peningkatan daya saing perekonomian daerah di tengah percaturan ekonomi global dan regional, termasuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dunia usaha

Kelima, meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan pemerintahan daerah secara efektif efisien, dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Selamat Hari Otonomi Daerah. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkahi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dalam pidato seragamnya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga