Parepare Target 10 Besar Kota Otoda, Pacu Pelayanan Smart City

2

SULSELSATU.com, PAREPARE – Hasil Kota Nominator Otonomi Daerah, yang berhasil di raih Kota Parepare pada tahun ini dengan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya pada 2014 yang berada di Posisi 27 kini berada di Posisi 14 membuat pemerintah Kota Parepare belum puas dengan hasil tersebut, dan tentunya akan terus meningkatkan hasil dari sebelumnya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkot Kota Parepare, Amarun Agung Hamka, mengatakan, meskipun tahun ini kita sudah naik 13 tingkatan dari tahun sebelumnya namun itu belum menjadi kepuasan kita, karna tentunya target utama kami itu berada di posisi 10.

“Tahun depan tentunya kita akan genjot pemerintahan sehingga kita bisa berada pada posisi terbaik dengan berada dalam posisi 10 besar,”terangnya.

Salah satu yang menurut menjadi momen pengenbangan Kota otoda ini dengan melakukan pengembangan dalam bidang smart city atau syatem peyanan dengan aplikasi, dimana saat ini sendiri kita sudah mulai kita genjot dan bangun dalam menata pemerintahan di Kota Parepare.

“Kita akan tingkatkan lagi e -goverment yang merupakan perangkat pelayanan pemerintahan dengan berbasis IT atau dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone,”ujarnya.

Dia bahkan menekankan kalau kedepannya proses pelayanan yang dilakukan khususmya pada bagian Humas Kota Parepare, segaka pengaduan masyarakat tidak perlu lagi adanya tatap langsung, tapi akan menata langsung dengan system aplikasi, dengan adanya system ini bisa lebih terbuka dan bisa menjadi informasi publik secara keseluruhan.

“Pasti dengan menggunakn aplikasi itu akan lebih efektif lagi dan tidak perlu lagi adanya tatap muka langsung antara pengadu dan pusat pengaduan, selain itu dengan cara teraebut juga para pengaduan bisa dipantau dengan sangat maksimal dan tentunya akan lebih terbuka,”jelas Hamka.

Hamka, mengaku, kalau pemerintah Kota Parepare dibawah kepemimpinan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe memag telah melakukan banyak perubahan dan semangat pembangunan yang ada, sehingga inovasi dalam pembangunan Kota ini semakin nampak.

“Kita dijajaran pemerintahan memang sudah ditelankan Wali Kota Parepare untuk terus berinovasi dalam mengelola jalannya pemerintahan di Kota Parepare,”tegas dia.

Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian dalam negeri Republik Indoensia, Sumarsono, mengatakan bahwa penghargaan dalam rangka ulang tahun Hari Otonomi Daerah yang ke 21 banyak daerah yang terus genjot dalam melakukan pembangunan dalam segala sektor khususnya bagaimana memberikan pelayanan dalam sektor pelayanan melalui aplikasi.

“Kita lihat efektifitas pembangunan yang ada saat ini memang menjadi perhatian semua pemerintah daerah, dan memang kategori ini diberikan sebagai bentuk apriasi tertinggi presiden atas prestasi pemerintah daerah dalam pengelolaan pemerintahan yang ada,”katanya.

Dalam penilaian ini sendiri memang ada berbagau kategori yang kita berikan kepada setiap Kabupaten Kota yang memang berprestasi dalam melakukan pengelolaan pemerintahan yang baik dengan melalui seleksi system pembangunan yang ada.

“Kita juga melihat bagaimana jalan nya pemerintahan yang ada dan tentunya para pemerintah daerah yang mendapatkan apresiasi dalam acara ini itu karna memang perhatian dan kepeduliannya dalam membangun daerahnya bisa dan mampu untuk melakukan perbaikan itu,”pungkas Sumarsono.

Kami berharap semoga kedepannya pemerintah daerah tetap melakukan setiap inovasi dalam membangun daerah masing-masing sehingga program nawa cita yang menjadi program unggulan pemerintah Pusat bisa tercapai.

Penulis : Syad
Editor : Ihwan Fajar

Parepare Target 10 Besar Kota Otoda, Pacu Pelayanan Smart City 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga