BPKAD Sulsel Janji Segera Cairkan Dana Bansos Eks Penderita Kusta

4

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Belum cairnya anggaran dana Bantuan Sosial (Bansos) oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Sulsel bagi eks penderita kusta di Sulsel membuat gelisah. Tetapi hal tersebut akan segera tertangani.

Kepala Seksi Dukungan Teknis Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keungan Anggaran Daerah (BPKAD) Sulsel, Ponimin mengatakan, jika pihaknya telah memerintahkan Bendahara Daerah Provinsi untuk segera melakukan pencairan anggaran jasa penyaluran Bansos kepada masyarakat penderita dan eks Kusta.

Ponimin menjelaskan, menunggaknya bansos bagi masyarakat penderita dan eks kusta selama empat bulan terhitung sejak bulan Januari hingga April sebesar Rp125 ribu per kepala diakibatkan adanya penyusunan data dan administrasi atas pengalihan kewenangan dari Dinas Sosial ke BPKAD soal pembayaran bantuan tersebut.

“Ada 12 daftar rekening yang bermasalah dari 400 penderita dan eks penderita kusta penerima bansos. Hal tersebut yang membuat keterlambatan pembayaran serta pengalihan wewenang dari Dinas Sosial ke Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD),” ujar Ponimim saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/4/2017).

Dari keterangan BPKAD, anggaran sudah ada namun butuh proses penguatan data, hukum dan penyelesaian sistem administrasi di pihak bank sebagai jasa penyaluran bansos kepada penderita dan eks kusta.

“Insya Allah, anggaran tersebut akan segera dicairkan, dengan pembayaran dibayar triwulan sesuai aturan yang sudah ada,” Pungkasnya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga