Menkominfo Terus Dorong Masyarakat Gunakan 4G LTE

6
Menkominfo, Rudiantara. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong sejumlah provider untuk meningkatkan pelayanan 4G LTE agar masyarakat beralih menggunakan sistem tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap perkembangan 4G LTE akan terus menjadi perhatian bersama stakeholders.

“Suka atau tidak, forum LTE ini diharapkan bisa memberi edukasi untuk mempercepat migrasi ke 4G. Hal ini karena layanan 4G memberikan efisiensi yang sangat besar bagi industri telekomunikasi,” kata Rudiantara seperti dikutip dari situs resmi Kemenkominfo.

Menurut dia, perkembangan telekomunikasi ini banyak sisi yang bisa dilihat, tidak hanya jaringan saja, tapi juga spektrum, handset, dan aplikasi.

“Kita jangan bicara terkait jaringan saja, sehingga kemudian keluar ide forum bagi pengguna LTE untuk memberi masukankepada operator terkait implementasi LTE,” ujarnya.

Rudiantara menambahkan, tender lelang frekuensi 2.1GHz dan 2.3GHz akan dilakukan pertengahan tahun ini, maka kota-kota besar sudah mulai relieve dan pindah ke jaringan berkecepatan tinggi.

Berkaitan dengan pelaksanaan Asian Games pada 2018 mendatang, Rudiantara mengharapkan dukungan dari operator telekomunikasi untuk memberikan layanan jaringan.

“Pemerintah ingin memaksimalkan layanan pada Asia Games 2018 mendatang. Kita juga akan melakukan live streaming pada 30 sport event,” harap Rudiantara.

Dia juga mengatakan strategi yang diambil pemerintah saat ini adalah konsolidasi dan efisiensi industri telekomunikasi.

“Key Performance Indicator (KPI) utama Kementerian Kominfo bukan hanya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tapi yang lebih penting adalah pajak, karena pajak merupakan hasil suistainability dari industri. Kita juga harus lebih gencar lagi dalam pemanfaatan 4G untuk mendukung efisiensi industri,” tegasnya.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga