Tekan Angka Kemiskinan, Khofifah Minta Daerah Dukung Program PKH

5
Bansos, PKH, Program Keluarga Harapan, Bansos Non Tunai, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang SulselBansos, PKH, Program Keluarga Harapan, Bansos Non Tunai, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta dukungan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengkoordinasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah masing-masing. Ia meminta agar pemerintah daerah ikut mendukung dan juga mensinergikan PKH dengan program bansos lainnya di daerah.

Hal tersebut menurutnya sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Rabu (26/4/2017) kemarin, yang menginginkan agar perencanaan pembangunan harus fokus dan berprioritas .

Kebiasaan yang selama ini menjadi masalah di lapangan menurut Presiden ialah tidak adanya prioritas program yang ditetapkan.

“Jadi, antara kebijakan pusat dan daerah harus nyambung dan padu. Sehingga upaya pengentasan kemiskinan dapat lebih cepat dan terukur,” katanya.

Khofifah mengklaim PKH memberikan dampak langsung dan signifikan terhadap pengentasan kemiskinan. Dengan perluasan 3,5 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke 6 juta KPM pada akhir 2016, PKH diklaim mampu mengurangi kemiskinan hingga 0,8 persen dari 10,7 persen pada September 2016 menjadi 9,9 persen.

Karenanya, lanjut Khofifah, apabila pola integrasi bansos dilakukan, maka dampak bansos PKH yang terintegrasi akan lebih signifikan sebesar 1,9 persen. Sementara ketika PKH menjangkau sampai 10 juta KPM, dampak PKH bisa mengurangi kemiskinan sampai 3 persen, berdasarkan perhitungan Bank Dunia.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga