Pemerintah Janjikan Rusunami Untuk Buruh, KSBI Apresiasi

3

SULSELSATU.com, TANGSEL – Rencana pemerintah yang akan membuat Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami), disambut baik Konfederasi Serikat Buruh Sejahterah Indonesia (KSBSI).

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir Khamid mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang meresmikan 6 ribu unit rumah susun sederhana milik (rusunami) untuk buruh.

Mudhofir menyebut ada kabar baik bagi pekerja, atau buruh yang bergaji cekak, namun berkeinginan punya hunian layak. Lantaran, PTPP Urban, sebelumnya bernama PTPP Precast, anak usaha PTPP (Persero) Tbk, menyediakan 6.000 unit rusunami khusus buruh. Tentu saja dengan harga terjangkau kocek buruh. Kalaupun melalui program KPR (Kredit Pemilikan Rumah), uang muka hanya 1% dan cicilan sesuai kemampuan buruh.

“Tentunya kita mendorong dan menyambut gembira program rusunami yang diperuntukkan untuk buruh tersebut,” ungkap Mudhofir di Tangsel, Banten, Kamis (27/04/2017) dikutip dari INILAHCOM.

Mudhofir mengakui, buruh tidak hanya berjuang untuk upah layak saja. Namun tempat tinggal serta transportasi massal nan nyaman, juga penting. “Saya kira ini sesuai target Presiden Jokowi yaitu 1 juta rumah bagi buruh di Indonesia. Pertama kali di Unggaran juga sudah dilakukan,” papar Mudhofir.

Dikatakan, saat ini, sudah ada 6 ribu unit rusunami untuk buruh. Dua pekan ke depan, bakal ada rumah murah bagi buruh. Tersedia 2.000 unit rumah tapak (landed house) murah di Depok, Jawa Barat, berdekatan dengan Stasiun KA. “Rencananya, Presiden Jokowi akan meresmikan program pro buruh tersebut,” papar Mudhofir.

Kendati demikian, Mudhofir masih berharap adanya evaluasi terhadap aturan atau mekanisme peruntukan rusunami untuk buruh. Harus ada rapat tripartid nasional guna menindaklanjuti program ini. Agar, jatah rusun atau rumah murah tersebut, benar-benar jatuh ke tangan pekerja rendahan atau buruh. “Kami juga tidak ingin peruntukannya nanti disalahgunakan. Jangan sampai yang menghuni bukan buruh,” tegas Mudhofir.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga