Jelang Ramadan, Disdag Makassar Mulai Jaga Stok Pangan

3

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) kota Makassar Muh. Yasir menghimbau seluruh stekholder untuk menjaga pasokan bahan pokok maupun komoditas pangan menjelang ramadan hingga jelang Idul Fitri.

Untuk wilayah Kota Makassar, Yasir mengatakan stok pangan satu bulan menjelang ramadan dipastikan aman. Lanjut Yasir pihaknya akan terus menjaga kecukupan pasokan terutama gula, terigu dan minyak goreng selama ramadan hingga jelang idul fitri.

“Dari pantauan yang kami lakukan kemarin, pasokan pangan masih aman, karena kita pusat ibukota provinsi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Maka kita harus jaga kecukupan pasokan bahan pangan dan juga bahan pokok (sembako)”, terangnya, Jumat (28/4/2017).

Sementara untuk kesediaan ikan laut, Yasir mengungkapkan 3 hari menjelang ramadan hingga hari ke-3 ramadan pasokan ikan laut biasanya berkurang sebab para nelayan menghentikan aktivitas melaut mereka di hari-hari tersebut.

“Hanya saja untuk ikan laut, biasanya berkuramg stoknya itu 3 hari menjelang ramadan sampai hari ke 3, karena nelayan tidak turun melaut. Barulah di hari kelima biasanya normal kembali,” tandasnya.

Menjelang ramadan Kementrian Perdagangan (Kemendag) bersama seluruh kepala Dinas provinsi Sulsel dengan melibatkan para distributor menggelar rapat koordinasi untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan jelang hari-hari besar keagamaan.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan di Hotel Novotel kemarin, menghasilkan 2 poin penting yakni Kementerian meminta semua stekholder menjaga mutu pangan dan meminta stekholder untuk memastikan agar rantai distribusi tetap aman sehingga tidak terjadi kenaikan harga dan stok bahan pangan selalu tersedia.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga